Lihat ke Halaman Asli

Krisanti_Kazan

Learning facilitator in SMA Sugar Group

Asesmen HOTS Bisa Menyenangkan?

Diperbarui: 2 Februari 2024   05:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penulis: Krisanti_kazan

Pendidikan adalah kunci untuk mengembangkan keterampilan intelektual dan kreativitas siswa. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah melalui asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS). Meskipun sering dianggap sebagai tugas yang sulit dan serius, asesmen HOTS sebenarnya dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran dengan cara yang menyenangkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh asesmen HOTS yang menyenangkan dan alasan mengapa pendekatan ini dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik.

Contoh Asesmen HOTS yang Menyenangkan:

  1. Permainan Puzzle Kreatif: Buatlah permainan papan atau digital yang melibatkan siswa dalam memecahkan teka-teki atau puzzle yang memerlukan pemikiran kreatif dan analisis tingkat tinggi. Misalnya, berikan mereka situasi kompleks yang memerlukan solusi inovatif, dan biarkan mereka bekerja sama untuk menyelesaikan tantangan tersebut.

  2. Simulasi Peran: Gunakan pendekatan simulasi peran untuk membawa materi pelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat memainkan peran dalam situasi tertentu dan diharapkan untuk menggunakan pemikiran tingkat tinggi untuk menyelesaikan masalah atau membuat keputusan yang berdampak.

  3. Proyek Kreatif: Berikan proyek berbasis penelitian atau kreatif yang memerlukan pemikiran analitis dan sintetis. Misalnya, mintalah siswa untuk membuat produk atau solusi inovatif untuk suatu masalah tertentu, dengan memberikan penilaian pada proses berpikir mereka selama pengembangan proyek. Baca lebih lanjut contoh praktik baik yang bisa diadaptasi: (Melatih Literasi Digital dan Keterampilan 5C Memanfaatkan Tools Online Padlet) , (Memunculkan Momen "WOW dan AHA" Melalui Proyek AMBAK), (Belajar dari Pedagang Makanan, Pembelajaran Kimia Berbasis Proyek Materi Laju Reaksi), dan (Edugame: Berdiferensiasi Dalam Merayakan Hasil Belajar Ala Merdeka Belajar)

  4. Diskusi Debat: Sertakan kegiatan diskusi atau debat di mana siswa harus mempertahankan atau menentang suatu ide atau argumen. Ini membangun keterampilan berpikir kritis dan membuat pembelajaran lebih hidup dan dinamis.

Alasan Mengapa Pendekatan Ini Efektif dan Menyenangkan:

  1. Motivasi Tinggi: Melalui asesmen HOTS yang menyenangkan, siswa akan lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran karena pengalaman yang menarik dan bersifat tantangan.

  2. Pembelajaran Aktif: Pendekatan ini mendorong pembelajaran aktif, di mana siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga menerapkannya dalam konteks nyata, meningkatkan retensi dan pemahaman konsep.

  3. Kolaborasi: Aktivitas menyenangkan seperti permainan, simulasi peran, dan proyek kreatif mendorong kolaborasi di antara siswa. Kolaborasi ini tidak hanya membangun keterampilan sosial, tetapi juga memperkaya pemikiran mereka melalui pertukaran ide.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline