Lihat ke Halaman Asli

Krisanti_Kazan

Learning facilitator

Mengajar Bermakna dengan 5 Days Challenge

Diperbarui: 25 Januari 2023   15:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ice breaking dari dan untuk siswa

Halo kawan guru kompasianer. Pernah gak sih kawan guru merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran yang itu-itu saja? Ceramah-latihan soal-diskusi-tes tulis, begitu saja terus berulang. Nah mungkin kawan guru bisa mencoba 5 days challenge untuk membuat kegiatan pembelajaran lebih berdinamika dan bermakna. Five days challenge tersebut membantu kita membuat rencana kegiatan pembelajaran yang berbeda selama 5 hari berturut-turut. Kegiatan dimulai dengan membuat analisis diagnostik awal untuk mengukur kesiapan belajar siswa hingga membuat quotes yang memotivasi siswa.

Berikut saya bagikan pengalaman ketika mengikuti 5 days challenge yang pernah diadakan oleh Kocoschools.id  melalui media Instagram.

Day 1 Challenge (Mengukur kesiapan siswa belajar)

Day 1 (Sumber: IG @krisanti_kazan)

Kartu "Aku Siap" diberikan sebelum saya memulai pelajaran. Siswa akan menuliskan kesiapannya dan juga menjawab satu pertanyaan sederhana terkait materi yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya. Pemilihan kata "aku siap" bertujuan untuk memberi afirmasi positif melalui komitmen diri yang cukup sederhana terutama bagi siswa tingkat menengah. Hal ini juga sebagai bentuk asesmen diagnostik kognitif untuk melihat kesiapan siswa melanjutkan kegiatan pembelajaran. Stempel apresiasi diberikan untuk memberi semangat belajar.

Day 2 Challenge (Analisis tingkat kemampuan siswa dengan metode KWL)

Day 2 (Sumber: IG @krisanti_kazan)

Salah satu metode yang saya gunakan dalam pembelajaran adalah membuat KWL Chart. Metode ini membantu siswa lebih aktif dalam proses belajar, yaitu tidak hanya memikirkan

informasi baru yang diterimanya, tetapi juga mengeksplorasi apa yang telah diketahui sebelumnya. Proses ini juga bisa digunakan untuk memperkuat kemampuan siswa mengembangkan pertanyaan tentang topik yang sedang dibahas serta bisa menilai hasil belajar sendiri. KWL Chart dibagikan melalui Google Slides sehingga siswa bisa mengisinya secara kolaboratif secara online. Chart ini sangat bermanfaat untuk mengetahui pemahaman awal siswa dan menentukan metode mengajar yang akan dilakukan selanjutnya.

Day 3 Challenge (Feedback: berikan motivasi siswa lewat catatan kecil)

Day 3 (Sumber: IG @krisanti_kazan)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline