Lihat ke Halaman Asli

Kris Hadiwiardjo

Penulis, Eks Penulis Artikel Bisnis, Ekonomi, Teknologi Harian Pelita

Pada Setiap Kesulitan Ada Kemudahan

Diperbarui: 27 September 2024   10:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pada setiap kesulitan ada kemudahan

Kisah ini membuktikan bahwa pada setiap kesulitan dan perjuangan selalu ada kemudahan dan jalan keluar

Kevin Plank dikeluarkan dari sekolah persiapan, dipindahkan ke akademi militer, dan melihat impiannya untuk bermain sepak bola perguruan tinggi tampaknya lenyap ketika tidak ada satu pun sekolah Divisi I yang merekrutnya. Tetapi pada tahun 1991, ia berhasil masuk ke tim sepak bola Universitas Maryland sebagai fullback walk-on. 

Plank bekerja lebih keras di lapangan daripada yang lain. Dia harus melakukannya. Dia berjuang dan menundukkan kepalanya untuk menjatuhkan lawan. 

Eric Ogbogu, seorang pemain bertahan Maryland berukuran enam kaki empat inci dan 245 pon yang kemudian bermain untuk New York Jets, Cincinnati Bengals, dan Dallas Cowboys, sering mengatakan kepada orang-orang bahwa ia hanya mengalami satu gegar otak selama karir perguruan tingginya, dan itu akibat Plank yang hanya berukuran lima kaki sebelas inci dan 228 pon. 

Suatu hari, ia menimbang kaus katun yang basah kuyup akibat keringat yang dikenakannya di bawah seragamnya dan menemukan bahwa itu menambah tiga pon berat badannya. Lebih kecil dan kurang atletis daripada rekan-rekan setimnya di Divisi I, ia tidak dapat membiarkan dirinya diperlambat oleh perlengkapannya. Bisakah kaus dalam yang kurang menyerap memberikan keunggulan? 

Plank menemukan toko kain di dekat kampus Maryland di College Park dan menjelaskan apa yang dia inginkan. 

Kain sintetis, dia dapati menyerap keringat lebih efektif daripada katun. 

Plank membeli gulungan bahan microfiber yang elastis, menemukan seorang penjahit lokal, dan membuat kaus. 

Dibutuhkan tujuh prototipe dan $450, tetapi dia mendapatkan apa yang dia inginkan: kaus yang pas yang beratnya tiga ons kering dan hanya tujuh ons basah. 

Plank memberikan sampel kaus kepada rekan-rekan setimnya. Setelah pertandingan berikutnya, mereka memujinya. "Rahasia kecil di balik Under Armour yang dirancang untuk pemain sepak bola tangguh adalah bahannya sama dengan pakaian dalam wanita," kata Plank sambil tersenyum.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline