Lihat ke Halaman Asli

Alat Evaluasi Non Tes

Diperbarui: 6 Juni 2024   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pengertian Alat Evaluasi Non Tes: Alat evaluasi adalah suatu alat yang digunakan untuk membantu seseorang melakukan tugas atau mencapai tujuan secara lebih efisien dan efektif. Sementara evaluasi non tes berarti melakukan penilaian tanpa menggunakan tes; ini adalah alat evaluasi yang digunakan untuk menilai hasil belajar siswa pada aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan). Oleh karena itu, kita tidak dapat langsung menilai hasil belajar siswa dengan menggunakan kriteria.

Jenis Alat Evaluasi Non-Test Setiap dimensi dan elemen memerlukan instrumen atau alat yang berbeda. Beberapa jenis alat evaluasi non-tes yaitu kuesioner, wawancara, observasi, jurnal, dan portofolio. Pada dasarnya, kita dapat menggunakan metode evaluasi tes dan non-tes untuk setiap evaluasi pembelajaran.

Penilaian Non-Test Dalam Ranah Afektif dan Psikomotorik: Guru dapat menggunakan skala sikap, skala minat, observasi, wawancara, dan laporan pribadi untuk menilai ranah afektif. Gagne (1977), sebaliknya, menyatakan bahwa "ada dua kondisi yang dapat mengoptimalkan hasil belajar keterampilan, yaitu kondisi internal dan kondisi eksternal."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline