Lihat ke Halaman Asli

KPL PLS UM DINSOS

Mahasiswa PLS KPL Universitas Negeri Malang Dinas Sosial Prov DKI Jakarta 2022

HUT ke-62 dan Bulan Bakti Karang Taruna sebagai Fasilitator Kepemudaan di Provinsi DKI Jakarta

Diperbarui: 25 Oktober 2022   10:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta - Karang Taruna Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan acara bertajuk Bulan Bakti Karang Taruna yang diselenggarakan pada hari Minggu (9/10/2022) di Setu Babakan, Jakarta Selatan. Acara ini juga sekaligus memperingati  HUT ke-62 karang taruna, dan dihadiri oleh seluruh anggota karang taruna dari berbagai wilayah, RT/RW hingga provinsi. Kegiatan bulan bakti karang taruna ini dilaksanakan berdasarkan arahan kepala Dinas Sosial selaku pembina karang taruna Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan yang didatangi kurang lebih sebanyak lima ribu warga karang taruna se-DKI Jakarta juga turut dihadiri oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Walikota Jakarta Selatan, Bupati Administrasi Kepulauan Seribu, Majelis Pertimbangan Pusat Karang Taruna serta para tokoh budayawan Betawi.

warga-karang-taruna-63575c3818333e5542650782.jpeg

Warga karang taruna pun sangat antusias dalam menyambut kehadiran bapak Gubernur karena mereka merasa bapak Anies Baswedan sudah berjasa dalam membina karang taruna selama 5 tahun memimpin ibukota.

gubernur-dki-jakarta-anies-baswedan-63575c46633ebc07400baca2.jpeg

Dalam sambutannya Anies Baswedan menyampaikan, karang taruna diinisiasi pertama kalinya di Jakarta, yang kemudian organisasi itu berkembang ke seluruh tanah air. Sehingga karang taruna DKI diharapkan dapat menjadi panutan bagi organisasi serupa di daerah lain.

Di sisi lain, ia menilai bahwa selama ini karang taruna DKI telah berhasil menggerakkan pemuda-pemudinya di wilayah Kota Administrasi dan  Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

"Karena itu, Karang Taruna Jakarta harus bisa jadi contoh dan tauladan bagi pemuda-pemudi di daerah lainnya, dan hal ini telah diwujudkan dimana karang taruna telah berhasil menggerakkan potensi kepemudaan yang ada di wilayang masing-,masing," ujarnya.

Hal tersebut selaras dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Muhtar dari Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta bahwasanya, program pemberdayaan karang taruna yang diinisiasi oleh bapak Gubernur telah menjadikan karang taruna DKI Jakarta semakin maju dan mandiri.

Anies mencontohkan, selama terjadinya pandemic Covid-19 karang taruna telah bahu membahu membantu pemerintah bersama masyarakat dalam menangani Covid-19.

"Anak-anak muda yang bergabung di karang taruna telah menjadi bagian dari yang menyelamatkan sesama warga Jakarta." kata Anies Baswedan.

Selama 62 tahun karang taruna hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai wadah untuk pemuda-pemudi yang ada di setiap wilayah agar pemuda-pemudi dapat lebih berguna bagi lingkungan sekitar. Terbukti dengan berbagai program karang taruna maka pemuda-pemudi yang ada di setiap wilayah dapat bermanfaat antara lain berguna bagi lingkungan sekitarnya dan juga mennjauhkannya dari pengaruh negatif, mengembangkan usaha ekonomi produktif bagi anak muda. Serta contoh yang paling nyata adalah melaksanakan berbagai kegiatan kepemudaan dilingkungannya masing-masing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline