Lihat ke Halaman Asli

rizqa lahuddin

rizqa lahuddin

Tips Menunggu di Bandara Soekarno-Hatta

Diperbarui: 24 September 2018   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tentang Soekarno Hatta International Airport menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia, sepertinya bukan suatu hal yang aneh. Tiga terminalnya (Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3) memang tidak pernah terlihat sepi. Lokasinya yang berada di Ibukota Negara dan letaknya (walaupun tidak persis) berada di Indonesia bagian tengah, menjadi semacam hub atau tempat transit bagi penumpang dari arah barat ke timur maupun sebaliknya.

Jika kebetulan Kompasianer transit di Bandara Soetta cukup lama (misalnya lebih dari 3 jam) daripada cuma bengong nunggu di salah satu terminal, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk sekedar membunuh waktu luang seperti di bawah ini:

Mencoba Skytrain

Skytrain bukanlah kereta bandara tetapi kereta penghubung antar terminal 1, 2, 3 dan Stasiun KA Bandara. Jadi penumpang yang berpindah dari satu maskapai ke maskapai lain tidak kerepotan walaupun pesawat yang digunakan tidak menempati terminal yang sama. Sampai sekarang mencoba skytrain masih menjadi satu hiburan tersendiri karena memang ini yang pertama kali ada di Indonesia, walaupun Singapore sudah sejak dulu memilikinya, tapi paling tidak Soekarno Hatta Airport lebih maju dari bandara di Kuala Lumpur karena disana antara KLIA (tempat maskapai full service) dan KLIA2 (maskapai low cost) tidak memiliki kereta gratis sebagai penghubung.

Jalan-Jalan di Terminal 3

Sebagian orang masih mengira untuk masuk ke terminal Bandara haruslah memiliki tiket. Hal tersebut sebenarnya tidak berlaku untuk beberapa Bandara termasuk Terminal 3. Sebagai terminal terbaru dan modern, siapapun bisa masuk ke ruang komersial bandara dimana banyak tenant-tenant seperti mal berada. Untuk masuk ke area komersial terminal 3 tidak perlu tiket pesawat Garuda Indonesia. Siapapun bebas masuk, walaupun memang akan dilakukan pemeriksaan barang bawaan seperti pada umumnya.

Wisata Kuliner

Harga makanan di bandara memang lebih mahal, terutama di terminal 3 karena mungkin harga sewa tempat disini juga termasuk kelas "premium". Tetapi jangan kuatir, karena sebenarnya ada banyak pilihan di terminal yang lain. Penumpang bisa pergi ke terminal yang berbeda untuk makan. Selisih harganya cukup lumayan karena untuk menu yang sama, resto di Terminal 3 bisa 50% lebih mahal dibanding resto yang sama di terletak di terminal 2.

Main Golf

Ini sih sebenarnya kelakuan iseng. Hehe. Soekarno Hatta memiliki arena golf yang lumayan untuk sekedar membunuh waktu. 

Tidur

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline