Lihat ke Halaman Asli

Kostan D. F. Mataubenu

Akademisi Gado-gado

Luis Diaz Debut, Elliot Comeback, Liverpool Menang

Diperbarui: 6 Februari 2022   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Liverpool berhasil menang meyakinkan saat melawan Cardiff City di Anfield dengan skor 3-1. Kemenangan ini diraih tanpa Salah dan Mane yang masih memperkuat Timnas mereka di final AFCON. 

Kemenangan ini mengantar Liverpool lolos ke putaran ke lima piala FA dengan lawan Norwich City. 

Cardiff City bermain sangat dalam alias bertahan total dan hanya mengincar serangan balik cepat. Para pemain Cardiff City menumpuk di kotak pinalti mereka sehingga sangat sulit untuk ditembus anak-anak Liverpool. Serangan Liverpool selalu dipatahkan meskipun cukup mengancam. Alhasil babak pertama diakhiri dengan skor kaca mata. 

Di waktu turun minum, rupanya ada evaluasi dari sang pelatih bagi para pemain dalam membongkar pertahanan lawan yang rapat. Bola mati yang dikirimkan Trent dikonversi dengan sundulan sempurna oleh Diogo Jota. 

Sesaat setelah gol tersebut, Juergen Klopp mengganti Naby Keita dan Curtis Jones dengan Harvey Elliot dan Luis Diaz. Bagi Luis Diaz, ini adalah debutnya. Sedangkan bagi Elliot, ini adalah pertandingan pertama setelah cedera dislokasi engkel. 

Masuknya kedua pemain ini dimaksudkan untuk memporak-porandakan pertahanan Cardiff yang rapat sekali. Selain itu, Keita dan Jones bermain kurang cair dan sulit menciptakan peluang bagi para penyerang. Bahkan Firmino dan Minamino harus turun ke tengah untuk bermanufer menjemput bola ke depan. 

Benar saja, serangan Liverpool semakin cair dan bervariasi. Minamino yang sedikit bergeser ke tengah yang merupakan posisi favoritnya lebih berbahaya dalam menyerang. 

Kombinasi Elliot, Trent Minamino sangat enak untuk ditonton selain sering mengancam gawang Cardiff. Sedangkan di sayap kiri, ada Diaz, Tsimikas dan Firmino. Sedangkan Jota selalu mobile di pertahanan lawan untuk memecah pertahanan Cardiff selain mencari posisi yang tepat untuk menyambut umpan rekannya. 

Puncaknya di menit 68, Minamino berhasil mencetak gol setelah mendapat umpan silang dari Luis Diaz. Gol Minamino merupakan gol ke-11nya di Liverpool dalam 50 pertandingan yang dimainkan. Sementara Luis Diaz mencatatkan debut pertandingan sekaligus debut asist. 

Penulis sebelum pertandingan ini telah menulis sebuah prediksi di kompasiana dengan judul "Luis Diaz Debut di Liverpool Hari Ini?". Dalam tulisan itu, penulis memprediksi bahwa Juergen akan mencoba untuk memainkan Luis dari bangku cadangan di 15 menit terakhir untuk memperkenalkan iklim sepak bola Inggris bagi Luis Diaz. Prediksi ini pada akhirnya terwujud meskipun Luis bermain 30 menit lebih.

Pertandingan ini juga menjadi ajang coba-coba Klopp untuk mendapatkan kombinasi terbaik lini depan Liverpool yang kini sudah memiliki 7 orang yaitu Salah, Mane, Firmino, Minamino, Jota, Origi dan Diaz. Bisa jadi nantinya ada trio A dan B dalam 4 kompetisi yang sedang diikuti musim ini. Setidaknya Klopp sudah punya plan B ketika dalam pertandingan ada kebuntuan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline