Lihat ke Halaman Asli

Menyongsong HUT RI Mahasiswa KKN Kolaboratif Bahu-membahu Membangun Gapura sebagai Simbol Perjuangan

Diperbarui: 8 Agustus 2024   10:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

*Berita:*

Sabtu (27/7/2024) Mahasiswa KKN Kolaboratif bersama dengan perangkat desa Kemuningsarilor bahu-membahu membuat gapura berbahan bambu dalam rangka menyongsong HUT RI Ke-79 yang diletakkan didepan pintu masuk dan keluar kantor kepala desa. 

Alasan menggunakan bahan bambu selain melimpahnya sumber daya alam (SDA) yang ada di desa Kemuningsarilor, Kec. Panti, Kab. Jember yakni sebagai simbul alat para pejuang kemerdekaan kalau itu (Bambu runcing). 

"Selain pembuatan gapura nantinya juga akan dipasang bendera merah putih disekeliling kantor desa dan umbul-umbul disetiap gang yang ada di desa Kemuningsarilor" Ucap Abdul Waqik, S. Pt selaku kepala desa Kemuningsarilor. 

Abdul Waqik juga mengatakan sangat senang dan terbantu dengan adanya mahasiswa KKN sehingga terdapat perbedaan konsep perayaan hari besar nasional (PHBN) tahun ini yakni akan diselenggarakannya karnaval desa yang telah fakum 3 tahun yang lalu. "Selama ini belum pernah ada kegiatan karnaval karena sudah ada kegiatan kirap reigi yang setiap tahun karena disini mayoritas pesantren, biasanya pelaksanaannya dibulan september dan total pesertanya hingga 3400 baik dari luar maupun warga sini sendiri” ujar kelapa desa Kemuningsarilor. 

Ulum selaku Kordes KKN mengucapkan terima kasih atas sambut hangat kedatangan kami dan kami (Mahasiswa KKN) dan InsyaAllah siap membantu segala kegiatan PHBN yang ada di desa Kemuningsarilor meski juga tetap menjalankan program kerja KKN yang telah dibuat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline