Lihat ke Halaman Asli

Koriva Swastika

Mahasiswa Universitas Siber Asia

Pentingnya Digital Marketing di Era 4.0

Diperbarui: 29 Juli 2023   09:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teknologi saat ini berkembang dengan pesat, terlebih di dalam dunia pemasaran digital. Dalam dunia pemasaran, teknologi berperan penting untuk membuka peluang sebagai jalan baru untuk menawarkan produk atau jasa.

Pada era industri 4.0, semua hal sudah digantikan menjadi digital. Teknologi menjadi sebuah pilihan karena sifatnya yang mudah untuk digunakan dan praktis. Dengan perkembangan teknologi memungkinkan kita melakukan pemasaran secara online dan menjangkau pelanggan yaang lebih luas. Di sisi lain interaksi secara offline juga dibutuhkan agar konsumen mendapatkan pelayanan yang memuaskan pada produk atau jasa. Industri 4.0 tidak menjatuhkan pemasaran secara online, tetapi saling mengisi satu sama lainnya.

Digital marketing merupakan metode pemasaran yang menggunakan teknologi, khususnya teknologi digital dalam memasarkan produk atau jasa lewat online. Pengguna media sosial dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga dapat dijadikan wadah untuk promosi yang efektif. Pada umumnya, digital marketing memanfaatkan media sosial dalam menjangkau target konsumennya dan sebagai sarana pemasaran yang praktis.

Kenapa digital marketing itu penting di era 4.0?

Pertama, dapat menjangkau pasar secara online. Hal ini karena internet merupakan tempat dimana dapat menghubungkan konsumen dengan produk secara luas. Sehingga peluang dalam memperkenalkan produk atau jasa juga semakin tinggi. Kedua, dapat memudahkan penjualan. Dengan digital marketing, pebisnis dapat menggunkan media sosial dalam melakukan promosi dan pemasaran. Ketiga, meningkatkan hubungan antara konsumen dan perusahaan. Dengan digital marketing, layanan komunikasi tersedia kepada pelanggan yaitu 27x7 yang artinya layanan penuh setiap saat. Sehingga layanan yang diberikan membuka kesempatan untuk pelanggan agar bisa berkomunikasi dan berinteraksi agar terwujudnya pelanggan yang loyal terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Di dunia bisnis ini digital marketing sangat dibutuhkan untuk kelangsungan perusahaan dalam memasarkan produk atau jasanya. Karena para masyarakat sekarang tidak akan lepas dengan teknologi, yang memunkinkan produk atau jasa yang dipasarkan akan menarik perhatian masyarakat.

Koriva Swastika-Mahasiswa Universitas Siber Asia

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline