Lihat ke Halaman Asli

Jalan-Jalan Jakarta Part 1

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kamu kalau punya waktu luang biasanya ngapain? Pergi ke mal? Nonton bioskop? Makan? Kadang ngerasa bosen nggak sih sama hiburan yang itu-itu aja? Kalau iya, Kopling mau ngajak kamu pergi ke tempat hiburan alternatif murah meriah hore yang mungkin sudah banyak dilupakan orang-orang. Hmm, cobain deh weekend ini kamu jelajahin tempat-tempat berikut.

Museum Basoeki Abdullah


Basoeki Abdullah merupakan seorang maestro pelukis Indonesia yang menggenggam aliran realis dan naturalis. Beliau sangat terkenal hingga ke luar negeri dan telah berkeliling dunia untuk mempelajari seni lukis dari berbagai negara. Saking terkenalnya, beliau pun dibuatkan sebuah museum yang dulu adalah rumahnya untuk menyimpan beragam lukisan karyanya. Nggak hanya lukisan, di museum ini kita juga dapat menemukan pernak-pernik lainnya seperti patung, topeng, wayang, pakaian, senjata, buku, dan masih banyak lagi.

Yuk mampir ke sini! Jangan cuma tau karyanya Salvador Dali atau Pablo Picasso saja, tapi kenali juga pelukis Indonesia yang namanya udah mendunia ini.

Alamat
Jalan Keuangan Raya no 19
Telepon (021) 7698926

Jam buka
Selasa – Kamis : 08.00 – 15.00 WIB
Jumat : 08.00 – 11.00 WIB
Sabtu/Minggu : 08.00 – 11.30 WIB

Museum Layang-Layang


Museum ini cocok untuk kalian yang ingin melepas kerinduan dengan mainan sewaktu kecil. Ada tiga jenis kegiatan yang bisa kita nikmati di sini. Pertama adalah pemutaran audiovisual tentang sejarah dan jenis layang-layang serta cara menerbangkannya. Kedua, tentunya koleksi layang-layang dari seluruh daerah di Indonesia dan luar negeri. Tahukah kalian kalau layang-layang setiap daerah mempunyai ciri khasnya tersendiri? Nah yang ketiga kita bisa mencoba membuat layang-layang kita sendiri dan kita terbangkan di lapangan museum yang luas. Seru yah?

Alamat
Jl. H. Kamang no 38, Pondok Labu, Jakarta
Telepon (021) 765 8075

Harga
Tiket masuk : Rp 10.000,-
Workshop membuat layang-layang (atau keramik, batik, melukis payung dan t-shirt) : Rp 12.000,-

Akuarium Air Tawar & Museum Serangga TMII


Yang suka dengan hewan-hewan air disarankan untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Meskipun akuarium yang terletak di dalam TMII ini hanya berisi hewan air tawar, tapi jenisnya sangat beragam! Di sini tersimpan berbagai jenis hewan air tawar dari Indonesia maupun luar negeri. Sebut saja ikan arapaima dari sungai Amazon, lele raksasa, berbagai salamander, puluhan ikan hias yang nggak kalah cantik dengan ikan laut. Pemandu lokasinya pun sangat ramah dan kita bisa melihat proses puffer fish dari kecil hingga menggembung. Nggak cuma dilihat, kita juga bisa memegangnya. Untung teksturnya sewaktu menggembung kasar, nggak licin berlendir seperti ikan pada umumnya.

Oh iya, tiket masuk ke akuarium air tawar sudah sepaket dengan museum serangga loh, jadi kita bisa melihat berbagai jenis serangga sekaligus. Tapi berhubung namanya museum, jadi serangganya tentu udah diawetkan ya, bukan yang hidup.

Alamat
Taman Mini Indonesia Indah
Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur 13560
Telepon (021) 840 9472

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline