Lihat ke Halaman Asli

Royalnya SOP Supermarket untuk Pemberian Kantong Plastik

Diperbarui: 24 Juni 2015   13:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mari kita bernostalgia dan mengingat suasana kota kita sepuluh tahun yang lalu, dimana minimarket dan supermarket belum masuk ke pelosok kota kita sebagai bagian dari industri retail. Toko-toko kelontong juga kios jajanan adalah pemandangan yang lumrah kita jumpai di sekitaran trotoar atau di rumah penduduk di pinggir jalan. Seorang ibu akan duduk meluruskan kakinya di dalam kios kecil yang tak ubahnya gerobak berukuran hampir 1×1 meter, menunggu pembeli.

Berapa banyak kantung plastik yang kita dapat ketika membeli di kios dan warung semacam itu? Dan bandingkan dengan pengalaman berbelanja di supermarket 5 tahun ke belakang. Tidak bayak perbedaannya sebenarnya. Baru beberapa tahun ke belakang, nampaknya supermarket mempunyai aturan baru dalam melayani pelanggan.

Baru disadari beberapa tahun belakang ini ‘warung modern’ kita ini memberikan satu kantung plastik untuk kategori produk yang ‘harus dipisahkan’; produk toiletris, pembersih ruangan, produk yang mengandung kimia berbahaya seperti pembersih serangga, obat-obatan, makanan basah dan kering. Pertimbangan yang diberikan pihak operasional tentu saja dilakukan untuk kenyamanan masyarakat. Namun saya rasa, bukan untuk masyarakat dalam jangka panjang.

Milyaran kantung plastik didistribusikan kepada masyarakat perbulannya. Hitung saja jika kita masing-masing berbelanja keperluan satu bulan, berapa banyak kantung plastik yang akan diberikan supermarket sebagai bentuk pelayanan? Mungkin minimal 5 kantung kecil dan 1 kantung besar. Lalu kalikan dengan berapa banyak pengunjung supermarket per hari dan kalikan per bulan.

Lalu mari kita hitung kembali berapa yang kita simpan untuk digunakan kembali, atau langsung kita buang sesampainya di rumah? Dan kita bayangkan berapa banyak orang yang juga tidak menggunakan kantung tersebut kembali. Itulah jumlah kantung plastik yang terbuang dan besar diantaranya mengotori fasilitas publik.

Selangkah lebih maju, sebagian supermarket di Eropa dan Amerika Serikat telah melarang pemberian kantung plastik ‘ekstra’ bagi para pelanggan. Pernah saya alami sendiri, saya hanya diberikan satu kantung plastik besar dan jika saya membutuhkan tambahan, saya diminta membayar 1 euro atau dipersilahkan menggunakan kardus kecil bekas yang tersedia sebelum pintu keluar supermarket.

Tentu ada pro dan kontra ketika hal ini pertama kali diberlakukan. Dan karenanya telah dilakukan sosialisasi jangka panjang jauh sebelum kebijakan tersebut diberlakukan, dan masih terdapat bulan kompensasi setelahnya.

Namun sebagian besar masyarakat mengerti, bahwa hal tersebut adalah untuk lingkungan. Dan dari segi psikologis, biaya tambahan kantung plastik menjadi  memiliki nilai lebih dalam masyarakat.

Mengapa hal ini masih belum terjadi di Indonesia?

1. Persaingan Produsen

Banyak artikel menyebutkan bahwa hal ini masih terganjal akibat adanya rasa persaingan antar produsen. Hal ini tidak dapat terjadi jika seluruh toserba belum mengadopsi hal yang sama. Dan terdapat ketakukan bahwa pelanggan yang tidak merasa nyaman akan beralih dengan mudah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline