Lihat ke Halaman Asli

Yohanes R. Setiawan

Konsultan Bisnis dan Pemasaran

Strategi Pemasaran Bossman Mardigu

Diperbarui: 7 Juni 2020   15:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bossman Mardigu Wowiek atau "Bossman Sontoloyo", itulah ungkapan yang sering di sematkan kepada seorang pengusaha yang namanya lagi diperbincangkan banyak orang, khususnya para netizen budiman. saya ingat pertama kali saya mengenal "SUARA"nya, ya suaranya, bukan namanya, saya pertama kali mengenal suaranya melalui videonya diinstagram yang membahas tentang mineral alam yang ada di indonesia yang di incar oleh pemerintah china untuk kebutuhan industrinya. pertama kali saya menonton videonya, saya langsung nyaman untuk menyimak penjelasannya sejak detik-detik awal video tersebut dimulai, cara bapak satu ini menjelaskan sebuah informasi didalam videonya begitu halus dan mudah dimengerti walau terkadang membuat kita bertanya - tanya apa iya, atau apakah benar seperti itu?  

terlepas dari materi yang beliau berikan seperti tentang geopolitik, lemhamnas, geostrategi, ekonomi global dan lainnya, beliau adalah orang yang paham bagaimana mengumpulkan lead customernya, dan bagaimana cara mengkonversi lead tersebut. Hal tersebut terbukti begitu banyak orang yang membeli buku - buku yang beliau tulis, dan mengikuti workshop nya beliau, selain itu juga perusahaan beliau SANTARA sangat terkenal saat ini. itu semua bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, butuh strategi matang dan butuh analisa yang sangat mendalam tentang karakteristik market yang menjadi targetnya. bagaimana cara Bossman Mardigu melakukannya? berikut ini analisa saya tentang strategi pemasaran yang Bossman Mardigu lakukan melalui content videonya. (Analisa ini tidak sepenuhnya benar, bisa saja kurang tepat, namun ini hanya cara saya untuk mengambil pelajaran penting dari apa yang beliau lakukan).

  1. Personal Branding, Pak Mardigu selalu mengasosiasikan dirinya sebagai orang - orang "shadowman" yang aktif dengan berbagai hal yang beliau lakukan tanpa diketahui banyak orang. beliau adalah orang yang memiliki banyak bisnis dan bukan pengusaha yang baru lahir kemarin namun beliau sudah aktif sejak lama, sudah paham yang namanya hitam dan putihnya dunia bisnis. Beliau juga selalu mengatakan orang yang "Gila Membaca" sehingga wawasan beliau sangat luas. semua hal tersebut membuat siapa saja kagum dengan latar belakang dan kepribadian beliau. sehingga ketika Bossman ini mengajak orang berpikir dengan berbagai narasinya, banyak orang akan mempercayai apa yang beliau katakan.
  2. Storytelling, dalam menjelaskan beragam topik, Bossman Mardigu selalu menggunakan storytelling yang membuat kita senang untuk mengkuti cerita disetiap video tersebut hingga habis, mungkin bisa dikatakan bahwa Bossman menggunakan teknik hypnoselling didalam setiap videonya, hal tersebut nampak dari bagaimana video tersebut dibuat, musik, warna tulisan, video ilustrasi, dan penekanan kalimat ketika Bossman menyampaikan penjelasannya. dan setiap video pasti disertai penjelasan tentang dari mana Bossman mendapatkan informasi tersebur, kapan dan dimana, siapa orang tersebut, dan sedikit latar belakang orang tersebut, sehingga membuat pendengar mempercayai informasi yang diberikan.  semua hal tersebut selalu terdapat disemua video Bossman.
  3. Topik yang "New", kita tau di media sosial, Instagram, Facebook, Youtube sudah banyak topik - topik yang dibahas oleh para content creator yang itu - itu saja, netizen ingin sesuatu yang fresh, maka dipilihlah topik soal kebijakan pemerintah, geopolitik, ekonomu global, perang, dan lain - lain. topik itu berhasil membuat netizen Indonesia merasa kagum, karena hal - hal tersebut tidak pernah dipikirkan sebelumnya, apalagi apalagi ditambah juga beberapa pembahasan yang ada kaitannya dengan hal - hal yang selama ini dikatakan sebagai konspirasi. Hal tersebut langsung menjadi viral dan dibicarakan oleh banyak orang, semua orang yang menyimak video Bossman pasti akan berkutat dengan pikirannya sendiri tentang apa yang diceritakan didalam video tersebut, dan hal itu sangat disukai oleh netizen yang akan senang hati memberikan commentnya, dan menshare ke teman lainnya untuk sama - sama di komentari. itulah mengapa video - video Bossman sangat tinggi engagementnya.
  4. Konversi, setelah video - video tersebut tertanam dibenak banyak netizen yang terkesima dengan berbagai informasi dari videonya Bossman dan pada akhirnya menyukai pemikiran dan sosok dari seorang Bossman mardigu, barulah diakhir video para penonton diarahkan bagaimana cara menerapkan solusi dari apa yang diceritakan sebelumnya, contohnya untuk solusi pemerataan ekonomi, kita perlu mendukung pertumbuhan para UKM, solusinya ikut terlibat menjadi investor melalui Aplikasi Equity Crowd Funding SANTARA. dan bagi yang mau merubah mindsetnya bisa membaca dan mendengar audiobook dari Bossman, dan juga bisa mengikuti workshop yang Bossman adakan.

itulah sedikit analisa saya tentang Strategi Pemasaran yang Bossman Mardigu terapkan melalui content - content videonya. di tulisan ini kita tidak membahas tentang apa isi dari topik yang Bossman angkat disetiap videonya, tapi tulisan ini mencoba untuk membahasnya dari sisi Strategi Pemasaran.

semoga bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar, mari kita menjalin keakraban dengan berdiskusi dikolom komentar :), saya berterima kasih jika mendapatkan nilai dari para pembaca.

dan bisa follow Instagram saya, tinggal klik nama akun berikut ini :  @hallo_robby , @konsultanniaga , @klinikusaha.

terima kasih, semoga kita sehat selalu,

salam sejahtera untuk kita semua #staysafe 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline