Lihat ke Halaman Asli

[Update] Blog Competition Museum Minyak Atsiri Indonesia

Diperbarui: 30 Agustus 2016   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Blog Competition Museum Minyak Atsiri Indonesia"][/caption]Salah satu proyek mercusuar Bung Karno yang menjadi kebanggaan Indonesia pada waktu itu adalah pabrik Minyak Atsiri yang berlokasi di sebelah Kelurahan Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.  

Pabrik ini dibangun pada tahun 1963 hampir bersamaan dengan Pabrik Citronella yang berlokasi di Aceh, sama-sama dibangun dengan sistem produk sharing dengan negara Bulgaria, zaman pemerintahan Soekarno. Pabrik minyak atsiri ini dulu merupakan pabrik atsiri terbesar di Asia Tenggara.  

Karena beberapa kendala yang tak bisa dihindari lagi, pabrik minyak atsiri akhirnya mangkrak, menjadi bangunan yang tak terurus. Bangunan yang mempunyai nilai arsitektural yang MONUMENTAL itu kini berada di tangan yang tepat dan akan direvitalisasi untuk mempertahankan arsitekturnya namun tidak sepenuhnya untuk dijadikan pabrik seperti dulu. 

Kelak Museum Minyak Atsiri akan menjadi KAWASAN WISATA BARU di Tawangmangu, tempat wisata sciense yang menyenangkan. Nanti akan ada taman berbagai jenis tanaman yang bisa di destilasi (disuling) menjadi minyak atsiri supaya pengunjung tahu indonesia punya sumber mas hijau.  

Misal tanaman sereh wangi atau citronella, sereh dapur atau lemon grass, itu jenis atsiri dari daun-daunan. Ada juga akar wangi jenis atsiri dari akar-akaran. Jahe jenis atsiri dari empon-empon, bunga Mawar Melati Kenanga Lavender jenis bunga-bungaan, Kayu Putih, Masoi, Gaharu dll. 

Museum atsiri juga disediakan Kids Lab tempat anak-anak belajar dengan happy bagaimana berbagai penciptaam kimia yang menyenangkan. Harapannya 10 tahun kemudian akan muncul banyak profesor karena dari kecil sudah senang dengan science. 

Kelak akan ada workshop pelatihan-pelatihan membuat sabun, lilin, parfum, menyuling atsiri dan lain sebagainya serta ada Toko museum yg menjual aneka produk dari hilirisasi atsiri. Rentetan peristiwanya secara bertahap bisa di ikuti di www.fb.com/rumahatsiri

Komposono (Kompasianer Solo Raya) bekerjasama dengan Museum Minyak Atsiri menggelar Blog Competition dengan ketentuan berikut :

Syarat dan Ketentuan Lomba

  1. Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silahkan Anda registrasi dahulu. 
  2. Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain. 
  3. Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana.  
  4. Dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan. Tulisan tidak mengandung unsur SARA atau berisikan informasi negatif mengenai sebuah merek, produk, jasa, layanan, lembaga atau individu. 

Mekanisme Lomba 

  1. Tema : Museum Minyak Atsiri 
  2. Periode lomba: 7 April – 30 Agustus 2016  
  3. MencantumkanTAGS #MuseumMinyakAtsiriTawangmangu 
  4. Tulisan berisi cerita atau opini seputar Museum Minyak Atsiri di masa depan nanti, bisa juga menyoroti dari sisi yang lain. 
  5. Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak akan diikutkan dalam lomba. 
  6. Artikel dengan tingkat keterbacaan tinggi akan mendapat nilai tambahan (Silahkan di share ke berbagai media sosial). 
  7. Pihak Museum Minyak Atsiri berhak menggunakan artikel terbaik sebagai materi sosialisasi. 
  8.  Pemenang akan diumumkan paling lambat dua minggu setelah periode lomba usai 

Hadiah 

  • Pemenang 1 mendapatkan uang senilai Rp. 3.000.000.
  • Pemenang 2 mendapatkan uang senilai Rp. 2.000.000.
  • Pemenang 3 mendaptakan uang senilai Rp. 1.000.000.
  • 5 pemenang hiburan masing-masing mendapatkan uang senilai Rp. 500.000. 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline