Lihat ke Halaman Asli

Seminar Marketing Online With Anne Ahira

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salam kompasianer berbahagia...

Pada kesempatan ini, saya ingin sedikit share pengalaman tentang ‘Seminar Marketing Online’ yang saya ikuti dengan pembica Anne Ahira pada tanggal 7 April 2011 di Universitas Riau. Seminar yang diadakan oleh Djarum Beasiswa Plus ini sangat inspiratif dan memberikan bekal kepada mahasiswa muda untuk mengembangkan ide-ide usaha online

Sebenarnya saya tidak pernah mendengar nama Anne Ahira sebelum saya mengikuti seminar Marketing Online , apalagi mengenal pekerjaannya sebagaiMarketer sukses di dunia maya. Jujur, didalam pikiran saya pada waktu itu bertanya, ‘siapa sebenarnya Anne Ahira’ dan ‘ apakah ia pembicara yang luar biasa’.

Pada seminar hari itu, saya datang lebih awal untuk mendapatkan posisi didepan agar dapat mendengar dengan jelas pembicara dalam menyampaikan materi. Seminar tersebut dimulai dengan interview ringan antara host dan Mbak Ahira mengenai profil beliau sebagai Marketer Online. Kemudian, setelah di interview selama beberapa menit, Ahira memimpin seminar dengan interaktif, komunikatif dan inspiratif. Pada saat itu, hal yang dapat saya katakanadalah pembicara dalam seminar ini memang orang yang luar biasa. Tidak mudah membangun sebuah seminar yang memiliki kedekatan emosi antara pembicara dan peserta, hal ini sangat baik menurut saya daripada pengalaman saya dalam mengikuti seminar-seminar lain yang kurang membangun kedekatan seperti itu. Malahan, pada pertengahan persentasi, ada semacam releksasi yang diberikan kepada peserta dan hal ini sangat menyenangkan.

Poin-poin penting dari Marketing Online untuk pemula yang saya dapatkan dari seminar tersebut adalah pentingnya dalam menentukan ide bisnis yang kita ingin jalankan. Apa saja jenis bisnis dapat dipasarkan melalui internet. Setelah mencari ide tentang bisnis yang ingin dikembangkan, lakukan riset tentang bisnis yang ingin dikembangkan. Riset dapat dilakukan dengan bantuan website penyedia informasi. Dalammelakukan riset, pemula harus menentukan target pasar, saingan dalam bisnis dan berapa banyak orang yang mencari bisnis anda. Selanjutnya, kumpulkan konten, video, audio dan foto-foto yang berkaitan dengan bisnis yang anda ingin kembangkan dan juga carilah produk dari bisnis tersebut.Ia juga menambahkan agar tidak lupa membeli Housting. Tahap terakhir adalah promosikan produk anda dan dalam hal ini iamenekankan pentingnya etika dalam memasarkan bisnis.

Ahira menyarankan bahwa lebih baik membangun bisnis di internet dari pada menggunakan internet hanya sekedar membuka ‘facebook’ dan ‘twitter’, namun ia juga menyampaikan jejaring sosial juga dapat dipergunakan dalam bisnis online. Saya setuju mengenai pendapat Ahira itu, menurut saya banyak sekali remaja pada saat ini mengahabiskan uang untuk membeli pulsa dan mengorbankan jam belajar untuk mengakses jejaring sosial.

Sebagai penutup dari tulisan ini, saya mendapatkan kata-kata bijak dalam berbisnis di dunia maya yang disampaikan Anne Ahira,‘The Money Is In Community and The Money Is In List’. Memang dalam bisnis kita harus memulai untuk mengumpulkan komunitas yang berhubungan dengan bisnis kita. Kita juga harus sering memberi dalam komunitas yang kita bentuk dan jangan memikirkan keuntungan semata.Banyak-banyaklah memberi pada komunitas yang kita buat dan kemudian individu-individu di dalam komunitas tersebut bagaikan daftar nama yang memberikan anda uang dalam bisnis anda. Selain itu, pada akhir acara ia membagikan CD Tutorial Bisnis dari Asianbrain kepada peserta sebagai panduan dalam memulai bisnis. Saya termasuk orang yang sangat senang sekali mendapatkannya . Saya berharap ini bermanfaat bagi saya dan GENERASI MUDA LAINNYA..Hehe…

ByMuhammad Fachrie




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline