Lihat ke Halaman Asli

Dampak Buruk Outsourcing Bagi Perusahaan

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ketika Anda mengevaluasi pilihan Anda terhadap outsourcing, perlu diingat bahwa ada keuntungan dan kerugian memakai jasa outsourcing. Lihatlah masing-masing dari kerugian outsourcing di bawah ini dan putuskan apa dampak pada bisnis Anda. Jika kerugian lebih besar daripada keuntungan outsourcing, maka Anda harus menghindari menggunakan jasa outsourcing.

Apakah Anda menandatangani kontrak dengan perusahaan lain untuk melaksanakan fungsi operasional perusahaan Anda? Jika ya, maka kontrol manajerial akan menjadi milik perusahaan lain. perusahaan outsourcing Anda tidak akan didorong oleh standard yang sama dan misi yang sama dengan perusahaan Anda. Mereka hanya mencari keuntungan dari layanan yang mereka sediakan untuk bisnis Anda.

Anda akan menandatangani kontrak dengan perusahaan outsourcing yang akan menutupi rincian layanan yang mereka akan menyediakan. Setiap hal yang tidak tercakup dalam kontrak akan menjadi dasar bagi Anda untuk membayar biaya tambahan. Selain itu, Anda akan mengalami biaya hukum untuk mempertahankan seorang pengacara untuk meninjau kontak yang akan menandatangani.

Jika Anda memiliki daftar gaji, catatan medis atau informasi rahasia lainnya yang akan dikirim kepada perusahaan outsourcing, ada resiko bahwa kerahasiaan dapat mempengaruhi. Evaluasi perusahaan outsourcing Anda dengan hati-hati untuk memastikan data Anda dilindungi dan kontrak dengan klausul  yang jelas.

Perusahaan outsourcing akan termotivasi oleh laba. Satu-satunya cara bagi mereka untuk meningkatkan keuntungan adalah untuk menurunkan biaya. Selama mereka memenuhi persyaratan kontrak, Anda akan membayar. Selain itu, Anda akan kehilangan kemampuan untuk dengan cepat menanggapi perubahan lingkungan bisnis. Kontrak ini akan sangat spesifik dan Anda akan membayar biaya tambahan untuk perubahan.

Karena Anda akan menyerahkan operasional bisnis Anda ke perusahaan Outsourcing, Anda akan dilibatkan dengan kondisi keuangan perusahaan itu. Ini tidak akan menjadi pertama kalinya bahwa sebuah perusahaan outsourcing bisa bangkrut dan meninggalkan Anda secara sepihak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda sebagai pemilik perusahaan.

Pikirkan matang-matang sebelum Anda menggunakan jasa Outsourcing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline