Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana News

TERVERIFIKASI

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Merayakan Momen Dibukanya Blokir Netflix, tapi Masih Ada Ketidakadilan Gender dalam KBBI

Diperbarui: 9 Juli 2020   04:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Netflix dan poster film lokal Indonesia.(KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma P)

Dengan dibukanya akses Netflix ini akan membuat persaingan streaming legal di semakin kompetitif. Ya, sebab mulai Selasa (07/07) layanan streaming Netflix resmi bisa dinikmati pengguna Telkomsel, Indie Home, dan Wifi.id.

Sebuah proses panjang, karena TelkomGroup sebelumnya telah memblokir akses Netflix selama 4 tahun!

Tentu pembukaan blokir Netflix tak lepas dari adanya upaya pendekatan platform streaming tersebut menyesuaikan tuntutan pasar Indonesia. Jauh lebih besar dari itu: Netflix juga menyepakati komitmen kepatuhan pada Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN, yang salah satu poinnya adalah tidak menayangkan prohibited content.

Selain kabar dibuka akses Netflix, masih ada kabar menarik dan terpopuler lainnya, seperti adanya ketidakadilan gender dalam KBBI hingga nasib lelaki ganteng zaman sekarang.

1. Merayakan Momen Dibukanya Blokir Netflix oleh TelkomGroup

Ilustrasi Netflix di smartphone. (sumber: Bloomberg via kompas.com)

Dibukanya akses Netflix oleh TelkomGroup menjelaskan satu hal: setidaknya hal tersebut menjadi pertanda bahwa konten edukatif harus diutamakan pada original konten asal Indonesia nantinya. Atau series dan film yang juga tak kalah baik kualitasnya. (Baca selengkapnya)

2. Kiamat Pasar Modal Indonesia, antara Delusi dan Halusinasi

Gambar Ilustrasi | KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGA

Akhir tahun 2019 bursa terpengaruh oleh skandalasuransi negara. Akan tetapi, transaksi yang terkait dengan skandal tersebut tidak terlalu material. Apakah dengan kondisi demikian, emiten-emiten kita habis? (Baca selengkapnya)

3. Ketidakadilan Gender dalam KBBI

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V (Foto: badanbahasa.kemendikbud.go.id)

Dalam KBBI V, definisi gender adalah 'jenis kelamin'. Padahal, gender merupakan perbedaan konstruksi sosial antara laki-laki dan perempuan, sedangkan jenis kelamin adalah pembedaan biologis belaka.

Sedangkan, secara luas, gender bisa pula diartikan sebagai sifat yang melekat pada laki-laki dan perempuan yang dikonstruksikan baik secara sosial maupun kultural. (Baca selengkapnya)

4. Apa Kabar Lipstik?

ilustrasi memakai masker. (sumber: shutterstock)

Saat penggunaan masker menjadi wajib hukumnya selama pandemi, ada yang terasa dulu begitu penting bagi perempuan akan tetapi kini tampak biasa --atau, percuma(?)-- saja: menggunakan lipstik. Apa kabarnya ya lipstik? (Baca selengkapnya)

5. Apakah Cowok Ganteng Masih Menarik di Zaman Ini?

Ilustrasi jatuh cinta. (sumber: shutterstock)

Percayalah bahwa cowok ganteng memang menarik hati, tetapi cowok pandai akan jauh lebih menarik lagi. Tetap semangat, mblo! (Baca selengkapnya)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline