Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana News

TERVERIFIKASI

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

3 Tips Singkat Menghadapi Tes CPNS

Diperbarui: 10 September 2017   23:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Megapolitan - Kompas.com

Pemerintah telah membuka lowongan CPNS periode II untuk 61 instansi pada 5 September 2017. Masyarakat berbondong-bondong mendaftar. PNS sendiri memiliki daya tarik bagi pencari kerja, yaitu menjamin masa depan para pegawainya.

Di tengah persaingan ketat para pelamar, ada beberapa tips yang dapat Kompasianer berikan pada Anda untuk mendapat posisi yang Anda lamar. Berikut tips-tips jika ingin lolos tes CPNS.

1. Jenis-jenis Tes CPNS dan Strategi Menyelesaikannya

Tes kemampuan umum (TKU) digunakan untuk mengukur pengetahuan seorang calon pegawai. Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) tak jarang menyepelekan hal ini karena menganggap manpu menjawab soal-soal yang diberikan karena sering melihat berita. Namun inilah awal dari kegagalan CPNS.

Untuk menjawab soal, calon pegawai wajib memiliki pengetahuan luas dengan cara membaca buku dan rutin berlatih soal-soal TKU. Jika Anda tidak percaya diri dengan pengetahuan Anda, maksimalkan menjawab soal-soal dengan tema tata negara.

Biasanya, pertanyaan yang diberikan dalam tema tata negara tidak berbeda jauh dari tahun ke tahun.

Selain TKU, CPNS akan bertemu dengan tes wawancara. Kebanyakan CPNS merasa santai menghadapi jenis tes ini, karena menganggap 99 persen lulus. Namun mereka lupa ada 1 persen faktor yang menyebabkan Anda gagal menjadi PNS.

Agar lulus dalam tes ini, galilah informasi mengenai departeman dan bidang yang Anda lamar. Setelah otak Anda kaya akan informasi tersebut, persiapkan penampilan dan mental Anda.

(Selengkapnya)

2. Tips dan Kiat Menggikuti Tes Wawancara CPNS

Tes wawancara pada tahap penerimaan calon karyawan, biasanya dilakukan untuk mengetahui kepribadian calon karyawan. Setidaknya ada tiga hal yang sering ditanyakan. Pertama, seputar kelebihan dan kekurangan diri. Pertanyaan ini diajukan agar orang yang mewawancarai CPNS mengetahui karakter CPNS.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline