Lihat ke Halaman Asli

Untuk Meningkatkan UMKM di Kelurahan Sialang Munggu: Kukerta MBKM Sialang Munggu Lakukan ini

Diperbarui: 24 Agustus 2024   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Pada hari Jum’at (02/08/2024) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pengembangan UMKM UNRI Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia, yang diketuai oleh Maimunajib dan di bimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu, Bunga Chintia Utami, S.IP., ME., melakukan kegiatan Pelatihan E-commerce di RW 19. Pelatihan ini dilaksanakan di Masjid DZIKRULLAH yang bertepatan di RT 002. Narasumber pelatihan ini dilakukan oleh mahasiswa KKN MBKM sendiri yang berjumlah tiga orang, yaitu Maimunajib sebagai pemateri Dasar-dasar E-commerce, M. Aqsha Ramadhan sebagai pemateri Pentingnya E-commerce, dan Dhea Theresia Puspaningrum sebagai pemateri Transaksi Digital.    

Pada pelatihan ini, materi e-commerce mengacu pada kegiatan jual beli barang atau jasa yang dilakukan secara online dengan menggunakan sarana media elektronik (internet). Dan transaksi digital mengacu pada proses transaksi menggunakan uang elektronik dengan metode transfer bank, scan QR, maupun dompet elektronik (e-wallet) tertentu didalam platform digital.

Dokumentasi Pribadi

Mahasiswa KKN MBKM di Kelurahan Sialang Munggu  RW 19  sedang mempresentasikan materi tentang e-commerce dan transaksi digital. Mahasiswa KKN MBKM sangat bangga dengan antusias para ibu-ibu UMKM yang ada di RW 19 ini dikarenakan memiliki niat untuk memahami apa itu e-commerce dan bagaimana cara menggunakan transaksi digital contohnya Qris.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan UMKM ibu-ibu yang belum memahami apa itu e-commerce, kegunaan, pentingnya, kelebihan e-commerce, dan transaksi digital (Qris). Adapun manfaat dari pelatihan ini dilaksanakan agar ibu-ibu UMKM di RW 19 dapat lebih memahami dan mulai menerapkan metode transaksi digital melalui e-commerce yang ada pada usaha yang dimiliki setiap ibu-ibu UMKM.

Dalam pelatihan e-commerce dan transaksi digital ini, Ibu Ida yang merupakan salah satu audiens pelatihan tersebut mengajukan beberapa pertanyaan. Beliau bertanya banyak hal tentang bagaimana caranya agar bisa berjualan di shoppe atau yang lainnya. Mahasiswa KKN bertanya kembali kepada Ibu Ida “Apakah Bu ida punya akun?“. Ibu Ida menjawab “Belum memiliki apa-apa karena ibu masih kurang memahami teknologi dan ibu juga belum memiliki NIB“. Mahasiswa menjawab “Baik bu, kalo begitu nanti tim mahasiwa KKN terjun langsung dalam pembuatan akun shopee dan NIB”. Tidak  lama tim KKN MBKM UNRI dengan sigap menghampiri rumah Ibu Ida untuk melakukan pendampingan langsung dalam pembuatan NIB dan e-commerce.

Dokumentasi Pribadi

Tidak butuh waktu lama tepatnya hari senin (05/08/2024) Ibu Ida sudah mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan juga shopee. Mahasiswa KKN juga membuat dan memberikan spanduk kepada Ibu Ida untuk memajukan usaha Ibu Ida.

Hal serupa juga terjadi pada usaha Ibu Ass yang mana beliau belum memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB). Pihak Mahasiswa KKN melakukan hal yang serupa yaitu melakukan pendampingan langsung ke rumah Bu Ass. Mahasiswa KKN juga membuat dan memberikan spanduk untuk mendukung usaha beliau.

Dan mahasiswa KKN juga merasa sangat berterimakasih atas support dari masyarakat Kelurahan Sialang Munggu khususnya di RW 19. Sebab kegiatan ini tidak dapat terlaksana jika tanpa adanya dukungan dari masyarakat sekitar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline