Kompasianer, apa transportasi umum yang jadi favorit kamu? Bagaimana dengan kereta api? Pastinya sudah jadi idola kamu semua kan!
Kalau gitu, bisikin dong, pelayanan atau fasilitas dari KAI apa yang bikin kamu nggak bisa berpaling ke transportasi lain? Atau punya pengalaman manis bersama KAI?
Jika kamu punya banyak pengalaman dan cerita seru dan menarik selama menggunakan kereta api, artinya kamu harus ikutan Topik Pilihan kali ini! Karena Kompasiana berkolaborasi bersama Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, sosok yang sukses bikin KAI makin keren!
Tahukah kamu kalau sejak 2020 Kereta Api Indonesia terus berbenah dan memberikan pelayanan terbaik untuk kita semua.
Sebut saja kereta ekonomi dan eksekutif New Generation yang lebih nyaman, kereta panoramic yg ciamik, Kereta Compartment Suite Class dan luxury dengan fasilitas mewah, serta mempercepat waktu tempuh dan memperpanjang rute perjalanan kereta api.
Enggak cuma pelayanan lho, KAI juga turut mengimplementasikan nila-nilai keberlanjutan. Mulai dari menyediakan water station sehingga kamu bisa refill air minum gratis di stasiun, implementasi face recognition boarding gate agar proses boardingmu satset tanpa antri lama-lama dan mengurangi penggunaan kertas boarding tentunya, hingga menyediakan fasilitas dan layanan yang inklusif seperti toilet ramah disabilitas, ruang laktasi, area bermain anak, dsb. Selain itu, kamu juga perlu tahu bahwa sekarang KAI sudah menggunakan solar panel di lingkungan kantor dan stasiun, loh!
Nah, sejumlah peningkatan pelayanan dan fasilitas yang ada itu tak lepas dari peran sang 'masinis' KAI, Didiek Hartantyo.
Sebelum jadi Dirut KAI Didiek juga pernah jadi Direktur Keuangan KAI, dan punya pengalaman panjang di dunia perbankan. Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan KAI (Persero)
Selama di bawah kepemimpinan Didiek, KAI makin maju dan inovatif. Dia nggak cuma fokus di bisnis, tapi juga gimana caranya KAI bisa jadi transportasi publik yang makin dicintai masyarakat.
Bahkan, waktu pandemi Covid-19, Didiek langsung turun tangan buat memastikan KAI tetap beroperasi dengan aman baik bagi pegawai maupun pelanggan. Dari mulai protokol kesehatan yang ketat, sampai layanan khusus untuk tenaga medis waktu itu. Keren banget, kan!
Jadi Kompasianer, bagaimana opini kamu terkait perubahan dan kemajuan KAI saat ini? Pelayanan, fasilitas, atau transformasi apa yang paling berkesan buat kamu dari KAI?