Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

Vitalnya Tim Medis, Perlukah Diberi Hak Intervensi?

Diperbarui: 2 Juli 2024   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi kotak P3K tim medis.(Diolah kompasiana dari sumber: SHUTTERSTOCK/omphoto via kompas.com)

Kompasianer, sudah tahu kan kabar meninggalnya atlet pebulutangkis asal China Zhang Zhi Jie? Bagaimana pandangan Kompasianer terkait itu? Apakah ada prosedur yang tidak tepat saat peristiwa berlangsung?

Dalam video yang beredar, Zhang Zhi Jie tergeletak saat melawan pebulutangkis asal Jepang. Sayangnya tim medis baru memasuki lapangan beberapa saat kemudian lantaran menunggu izin wasit. Dan membuat para menonton menyaksikan begitu saja detik-detik kematian sang atlet.

Apa yang terjadi di GOR Amongrogo, Yogyakarta, DIY Yogyakarta, Minggu (30/6/2024) malam, tidak boleh kembali terulang. Ini harus jadi bahan evaluasi bagi pengurus, panitia, maupun penyelenggara, terutama dalam prosedur keselamatan.

Nah, apakah Kompasianer setuju, jika tim medis harus diberikan semacam hak intervensi langsung dalam situasi darurat yang menyangkut keselamatan atlet?

Pernahkah Kompasianer mengalami situasi darurat serupa? Bagaimana pengalaman Kompasianer dengan protokol keselamatan dalam olahraga?

Jika kamu merupakan seorang dokter, trainer, maupun penyuka olahraga, apa yang bisa dibagikan kepada yang lain? Terlebih pertolongan pertama, sudah tahukah kita bagaimana cara menanganinya?

Selain itu, apakah perlu adanya screening terhadap setiap pemain sebelum dimulainya pertandingan?

Di sisi lain, sudahkah Kompasianer selalu melibatkan tim medis pada setiap event yang kamu selenggarakan atau kamu ikuti? Bagaimana kamu memastikan tim medis selalu siap dalam kondisi apapun?

Yuk, bagikan opini, pendapat, hingga tips ala Kompasianer terkait hal ini di Kompasiana. Jangan lupa untuk tambahkan label Vitalnya Tim Medis (menggunakan spasi) pada tiap konten yang kamu buat, ya!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline