Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

Lindungi UMKM Lokal, Perlukah TikTok Shop Dilarang?

Diperbarui: 18 September 2023   06:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi berjualan di TikTok Shop melaui fitur Live Shopping. (Diolah kompasiana dari sumber: SHUTTERSTOCK/CHAY_TEE via kompas.com)

Kompasianer, apa betul kalau TikTok Shop dilarang bakal bikin UMKM makin maju? Atau justru sebaliknya? Terus, gimana pendapat kamu soal wacana pelarangan TikTok Shop sendiri?

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Perdagangan mewacanakan untuk melarang keberadaan TikTok Shop di Indonesia.

Alasannya, platform media sosial Tiongkok ini menjalankan bisnis media sosial dan e-commerce secara bersamaan, sehingga berdampak tumpahnya barang impor yang masuk ke Indonesia sekaligus untuk melindungi kemajuan UMKM.

Meski begitu pemerintah belum satu suara. Menparekraf Sandiaga Uno, misalnya, menilai larangan beroperasinya media sosial dan e-commerce dalam aplikasi yang sama seperti TikTok Shop akan mengganggu keberlangsungan UMKM.

Sandi beralasan saat ini telah banyak UMKM yang memanfaatkan dan mengandalkan TikTok Shop sebagai platform jualannya. Model social commerce layaknya TikTok Shop ini pun sebenarnya bukan yang pertama. Sebelumnya sudah ada Facebook Shop, Instagram Shop, hingga Twitter Shop.

Pertanyaannya, mengapa hanya TikTok Shop yang dilarang? Dan bukankah tidak menutup kemungkinan bahwa social commerce lain akan menjadi tren baru sebagai tempatnya berbelanja?

Nah Kompasianer bagaimana kamu melihat wacana dari pemerintah untuk melarang TikTok Shop di Indonesia? Apakah kamu setuju kalau TikTok Shop justru akan menggerus UMKM di Indonesia? 

Adakah regulasi yang perlu dibuat pemerintah untuk menjadi jembatan TikTok Shop dan pedagang konvensional? Menurutmu, mengapa TikTok Shop begitu menarik pengguna untuk berbelanja di sana? Harga yang murah? Keamanan? atau fitur yang mudah digunakan?

Selain itu apakah kamu pernah menjajal berjualan maupun berbelanja di TikTok Shop? Bagaimana pengalamanmu? Kemudian apa perbedaan dengan platform e-commerce lainnya? Apa saja kelebihan dan kekurangan berjualan maupun berbelanja di TikTok Shop? Bagaimana pula platform e-commerce lainnya menyikapi kehadiran TikTok Shop ini?

Yuk, berbagi pandangan dan gagasan serta tip-tip terkait hal ini di Kompasiana. Jangan lupa juga untuk tambahkan label TikTok Shop pada tiap konten yang kamu buat, ya!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline