Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

Bagaimana Menjaga Hubungan Baik dengan Pekerja di Rumah?

Diperbarui: 29 Agustus 2023   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi: Pekerja bangunan. (Diolah kompasiana dari Foto: KOMPAS.com/YAMIN ABDUL HASAN)

Kompasianer, betulkah kalau mau menegur pekerja bangunan, baiknya melalui mandor saja? Katanya, supaya pekerja bangunan tersebut tidak sakit hati. Benarkah? Tentu saja ada alasan di balik imbauan tersebut.

Selain itu, pada kondisi apa Kompasianer membutuhkan pekerja tambahan di rumah? Apakah untuk renovasi rumah, membetulkan pompa air rusak, bersih-bersih atau baby sitter untuk mengurus anak?

Ternyata ada satu keterampilan yang perlu kita latih, yakni menjaga hubungan baik dengan mereka. Jika mood mereka baik, harapannya pekerjaan yang dilakukan pun bisa lebih optimal.

Oleh karena itu, ada pola komunikasi khusus yang kita terapkan. Tapi tentu saja, ini bukan perkara mudah. Jika tak tepat, tak hanya kinerja yang berantakan, tetapi hubungan juga jadi tak keruan.

Seperti belum lama ini kita mendengar kasus seorang dosen yang dibunuh oleh kuli bangunan. Pelaku mengaku sakit hati setelah pekerjaannya kena tegur oleh korban.

"Karena kerjanya (saya) jelek. Ditolol-tololin, dibego-begoin, ya semacam itulah," ucap kuli tersebut, seperti dikutip dari KOMPASCOM, pada Jumat (25/8/2023).

Apakah Kompasianer pernah berkonflik dengan pekerja di rumah? Apa dampaknya? Bagaimana cara mengatasinya? Apa yang perlu kita lakukan supaya hubungan baik dapat terus terjaga.

Silakan tambah label Berkomunikasi dengan Pekerja Rumah (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline