Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

Mau Banting Setir Profesi, Sudah Berani Ambil Risiko?

Diperbarui: 9 Juli 2023   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diolah Kompasiana dari 89Stocker/@tapanakorn

Kompasianer, apa kamu pernah melakukan career switch? Misalnya bekerja di marketing, lalu kemudian menjadi IT developer. Atau dari yang awalnya desainer, kini kerja bengkel.

Career switch atau "banting setir" adalah tindakan beralih profesi yang berbeda lingkup kerjanya.

Tindakan ini tentu saja membutuhkan keberanian luar biasa. Karena tak mudah lho, mempelajari hal baru di luar apa yang biasa kita kerjakan. Meski demikian, tak sedikit yang melakoninya.

Career switch biasanya dilakukan lantaran tergiur gaji atau prospek kerja profesi lain. Selain itu, kebosanan pada profesi lama juga kerap menjadi alasan.

Nah Kompasianer, ngomongin banting setir dalam berkarir, apa kamu punya pengalaman serupa? Jika pernah, pindah ke profesi apa? Apa alasannya? Bagaimana kisahmu mempelajari keterampilan baru?

Lalu, seperti apa tantangan dan kendala yang kamu hadapi di tempat kerjamu sekarang? Apakah kamu harus memulai karir dari nol lagi? Bagaimana dengan gaji dan jabatan yang diperoleh setelah beralih profesi? Apakah seduai harapan?

Pernahkah timbul rasa penyesalan setelah berpindah profesi? Atau, justru makin menikmati profesi yang sekarang ini?

Apakah career swith merupakan keputusan yang tepat jika karir karyawan di tempatnya bekerja yang sekarang stuck dan masih begitu-begitu saja? Adakah kiat yang bisa dibagikan?

Yuk, ceritakan pengalaman, opini dan tips di Kompasiana. Jangan lupa sertakan label Career Switch (menggunakan spasi) pada tiap artikelnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline