Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

Sosok Kartini di Lingkungan Kerja

Diperbarui: 19 April 2018   17:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: wikimedia

Setiap 21 April rakyat Indonesia memperingati lahirnya seorang Raden Adjeng Kartini, perempuan yang memperjuangkan hak asasi bagi wanita Indonesia. Melalui surat-suratnya, ia mengubah pola pikir para perempuan Indonesia ketika itu --bahkan hingga sekarang-- bahwa wanita juga berhak mendapat kesetaraan.

Kartini, yang lahir 139 tahun lalu ini, adalah seorang pelopor kebangkitan perempuan, sehingga wanita tidak lagi dianggap sebelah mata.

Berkat perjuangannya, kini perempuan di Indonesia dapat merasakan hak dan kebebasan yang sama dengan laki-laki. Berkat Kartini pula, perempuan tidak lagi dipandang sebelah mata dan dianggap tidak lebih baik dari pria.

Kesetaraan perempuan dengan laki-laki juga berlaku di dunia kerja. Kini di zaman modern sudah banyak perempuan-perempuan yang menempati posisi kerja, yang umumnya ditempati oleh laki-laki. Beberapa contoh pekerjaan yang kini ditempati wanita seperti sopir bus, pilot, tenaga keamanan, politikus, CEO dan masih banyak lagi.

Kompasianer, seperti apa sosok Kartini di lingkungan tempat kerja Anda? Bagikan ulasan, opini dan reportase Anda di Kompasiana dengan menyertakan label: HARI KARTINI (tanpa spasi) pada artikel Anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline