Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

[Blog Competition] Gotong Royong Iuran demi Indonesia yang Lebih Sehat

Diperbarui: 5 Oktober 2016   01:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompasiana Blog Competition bersama BPJS Kesehatan

Masyarakat Indonesia terkenal dengan sikap kekeluargaan dan gotong-royong yang tinggi. Sikap itulah yang diadopsi Pemerintah dalam upaya membangun Indonesia. Sesuai dengan UU No 40 Tahun 2004 dan UU No. 24 Tahun 2011 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), Pemerintah menetapkan prinsip gotong-royong demi Indonesia yang lebih sehat.

Mulai tanggal 1 April 2016 lalu, iuran JKN yang dikelola BPJS Kesehatan mengalami kenaikan. Kenaikan iuran ini diresmikan melalui Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan. Kenaikan iuran ini diperlukan karena iuran bulanan merupakan modal terjadinya prinsip gotong-royong pada lingkup kesehatan. Berkat iuran bulanan peserta yang tidak sakit, maka peserta yang sakit terbantu dari iuran tersebut, seperti subsidi silang. Dengan kenaikan iuran ini, BPJS Kesehatan dapat meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat dan lebih menjangkau seluruh lapisan masyarakat hingga ke pelosok Nusantara.

Setelah sukses menggelar blog competition pada periode Mei-Juni 2016 silam, BPJS Kesehatan kembali menggandeng Kompasiana untuk berpartisipasi dalam membangun Indonesia yang lebih sehat. Berbeda dengan blog competition yang sebelumnya, kali ini BPJS Kesehatan mengajak Kompasianer untuk meningkatkan awareness manfaat yang akan didapat setelah membayar iuran rutin dalam prinsip gotong-royong. Kompasianer dapat mengunduh materi yang dapat digunakan sebagai sumber membuat artikel terbaik. Simak rincian kompetisi di bawah ini!

SYARAT & KETENTUAN

  • Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silakan registrasi terlebih dahulu di sini.
  • Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain.
  • Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana.
  • Tulisan tidak mengandung unsur SARA atau berisikan informasi negatif mengenai sebuah merek, produk, jasa, layanan, lembaga, atau individu.
  • Artikel dengan tingkat keterbacaan tinggi akan mendapatkan nilai lebih.
  • Peserta wajib men-share karya tulis melalui akun Facebook dan Twitter pribadi. Sertakan akun Facebook dan Twitter Anda dalam artikel Kompasiana Anda. Jangan lupa untuk menyetel status Anda untuk publik atau tidak dikunci.

MEKANISME

  • Tema Lomba: Gotong Royong demi Indonesia yang Lebih Sehat
  • Tulisan berupa ulasan, pandangan, atau ide tentang membangun Indonesia lebih sehat dari iuran BPJS Kesehatan
  • Periode Lomba: 9 – 19 September 2016
  • Peserta wajib mencantumkan label: Gotong Royong Iuran Indonesia Sehat dan BPJS Kesehatan dalam tiap tulisan.
  • Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak bisa diikutkan lomba.
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • BPJS Kesehatan berhak menggunakan karya tulis setiap pemenang sebagai media komunikasi dan sosialisasi ke masyarakat, dengan menyertakan nama penulis dan tanpa mengubah konten aslinya.
  • Pemenang akan diumumkan setelah 14 hari kerja periode lomba usai.

HADIAH

  • 2 pemenang yang mengikuti Nangkring BPJS Kesehatan di Balikpapan: uang tunai masing-masing sebesar Rp 5.000.000,00
  • 3 pemenang Kompasianer umum: uang tunai masing-masing sebesar Rp 5.000.000,00

*pajak ditanggung pemenang

Materi Kompasiana Nangkring di Balikpapan bersama BPJS Kesehatan bisa diunduh di sini. Ayo segera kirimkan karya tulis terbaik Anda dan menangkan hadiahnya! Untuk mengetahui event Kompasiana lainnya, silakan kunjungi halaman ini. (DIN)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline