Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

Eksodus Warga Tiongkok ke Indonesia

Diperbarui: 17 Juli 2016   10:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN

Isu protes warga lokal yang menolak para pekerja Tiongkok kembali mencuat. Beberapa waktu lalu Indonesia juga sempat heboh dengan masuknya ribuan buruh Tiongkok untuk mengerjakan proyek pembangunan infrastruktur di beberapa lokasi di Indonesia.

Para pekerja asal Tiongkok ini masuk ke Indonesia baik dalam jalur legal maupun ilegal dan ini dianggap sebagai upaya eksodus besar-besaran warga Tiongkok ke Indonesia. Dan tentu saja, ini juga bisa mengancam keberadaan lahan pekerjaan untuk masyarakat lokal dan perlu mendapat perhatian dari pemerintah.

Para pekerja ini diuntungkan dengan adanya kebijakan bebas visa untuk masuk ke Indonesia, sehingga mereka memanfaatkan ini untuk migrasi dan mendapat pekerjaan di Tanah Air.

Kompasianer, bagaimana pendapat Anda tentang masuknya para pekerja asal Tiongkok di Indonesia? Tulis opini Anda di Kompasiana dengan mencantumkan label: Tenaga Kerja Tiongkok

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline