Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

Keana dan Kompasiana Gelar Diskusi Film

Diperbarui: 26 Juni 2015   07:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah produksi Keana bekerjasama dengan media sosial Kompasiana, Sabtu pagi (2/4/2011), menggelar acara Road Discussion Film Batas dan Potensi Daerah Perbatasan di Ruang Gallery Cipta II, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Diskusi dalam bentuk talkshow ini diadakan menjelang penayangan perdana (premiere) film Batas, film bercerita tentang potret dan problematika di daerah perbatasan yang dibintangi oleh Marcella Zalianty dan Arifin Putra. Selain di Jakarta, roadshow juga akan diadakan di Yogyakarta pada tanggal 6 Maret nanti.

Diskusi yang dihadiri oleh para blogger dan mahasiswa beberapa universitas di Jakarta ini diisi dengan presentasi kondisi perbatasan Indonesia yang berhasil direkam oleh tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara dan paparan keterlibatan warga dalam menyebarkan cerita di perbatasan melalui blog.

Setelah itu, Keana juga menayangkan cuplikan film dokumenter realitas perbatasan di daerah Entikong, Kalimantan Barat, berjudul "Cerita dari Tapal Batas".

Di awal diskusi, tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara memaparkan perjalanan mereka mengelilingi Indonesia sejak tahun 2008-2010, dimulai dari kawasan Indonesia bagian barat, tengah lalu timur hingga perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Dalam paparannya, salah seorang anggota tim, Aat, menemukan banyak sekali daerah-daerah di pulau terluar Indonesia yang tidak mendapat perhatian serius pemerintah. Mereka tidak memiliki akses dan fasilitas yang memadai di banyak bidang, khususnya di bidang pendidikan.

"Selama ini pemerintah belum menganggap laut sebagai penyatu pulau-pulau, tapi sebagai pemisah. Oleh karena itu kita melihat daerah perbatasan belum dijaga dengan serius. Lepasnya pulau Sipadan dan Ligitan juga karena kesalahan kita," kata Aat.

Usai makan siang, acara dilanjutkan dengan materi citizen journalism dan pengumuman lomba "Film Batas Blog Competition" di Kompasiana mulai tanggal 4-20 April 2011.

Lomba ini menawarkan hadiah jalan-jalan ke lokasi syuting film Batas di daerah Entikong, Kalimantan Barat bersama Marcella dan tiket premiere film Batas.

Acara ditutup dengan talkshow bersama produser sekaligus pemain utama film Batas, Marcella Zallianti, salah seorang pemain pria film Arifin Putra dan produser film dokumenter Cerita dari Tapal Batas, Ichwan Persada.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline