Lihat ke Halaman Asli

Kompasiana

TERVERIFIKASI

Akun Resmi

Bagaimana Akses Internet di Daerahmu?

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14242389931007998426

[caption id="attachment_397781" align="aligncenter" width="624" caption="Ilustrasi/Kompasiana (KOMPAS.com)"][/caption]

Pada zaman serbadigital ini, internet sudah menjadi konsumsi wajib bagi sebagian penduduk dunia. Di Indonesia sendiri pengguna internet diperkirakan sudah mencapai 80 juta orang. Kita mudah menandai pertambahannya dengan semakin banyaknya pengguna media sosial, menyentuh hampir semua lapisan sosial masyarakat. Selain sekadar menggunakannya untuk mengakses media sosial, warga Indonesia pun memanfaatkannya dengan baik untuk berbisnis online, untuk kepentingan pendidikan, termasuk untuk memublikasikan program-program bagi pemerintah. Tentu saja selain itu masih banyak fungsi internet.

Seiring dengan perkembangan teknologi, internet semakin dibutuhkan di mana-mana, tidak hanya di rumah atau kantor. Karena itulah ketersediaan Wi-fi di ruang publik sangat membantu masyarakat. Namun, itu belum cukup. Semakin maju zaman, kita semakin membutuhkan kecepatan yang tinggi dalam mengakses internet. Pasalnya, sekarang ini kita menggunakan internet tidak lagi sekadar untuk mengakses teks, tetapi juga foto, bahkan video. Di negara-negara maju, ketersediaan akses internet dan kecepatan akses internet bukanlah masalah. Namun, di Indonesia, dua hal tersebut masih memerlukan pengembangan. Bahkan di ibu kota negara kita, kalaupun menginginkan kecepatan akses internet yang tinggi, kita harus membayarnya dengan harga tinggi.

Pertambahan jumlah pengguna internet di Indonesia memang belum sejalan dengan pembangunan infrastruktur yang memadai. Yang memprihatinkan terutama adalah daerah-daerah pedalaman. Selain masih ada yang belum tersedia jaringan internet sama sekali hingga sulit diakses, penduduknya pun belum teredukasi dengan baik sehingga masih awam perihal internet. Padahal, seandainya saja pemerintah menggarapnya dengan baik, bisa jadi banyak kemajuan yang sedang menunggu kita di depan mata. Bagaimana jaringan internet di daerahmu? Sudah cukup cepatkah atau masih lelet? Sektor apa di daerahmu yang mungkin akan berkembang dengan cepat bila jaringan internet di daerahmu memadai? Tuliskan reportase atau pengalamanmu dengan tag internetdidaerahku pada setiap tulisan.

Baca tulisan terkait INTERNET DI DAERAHMU dalam topik pilihan di sini




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline