Keteladanan dalam Pendidikan Karakter
Oleh MASWAN
Dosen Unisnu Jepara, mahasiswa S3 Unnes Semarang
Istilah karakter dalam dunia pendidikan menjadi kata kunci dalam membangun kepribadian bangsa. Pemaknaan karakter dalam pendidikan sangat penting untuk diurai agar jelas corak dan motifnya. Terminologi sebuah karakter berarti ‘mengukir’.
Suatu ukiran adalah melekatkan suatu motif dengan torehan pahat yang dalam, hingga membentuk dimensi nilai artstik yang terkesan harmoni dan indah. Bekas ukiran atau pahatan di atas suatu benda, tidak mudah hilang. Menghilangkan motif ukiran sama halnya menghilangkan benda yang diukir.
Bagi manusia, yang diukir atau dibentuk karakternya sejak kecil akan terus membekas dan sulit dihilangkan. Oleh karenanya, kehidupan anak akan ditentukan bagaimana karakter tersebut dibentuk dalam kehidupan keluarganya. Jika motif-motif kehidupan yang ditorehkan pada anak sejak dini bernilai positif, maka akan menghasilkan karakter yang baik, begitu jiga sebaliknya, jika anak ditorehkan pada yang negatif akan memunculkan karakter jelek.
Dalam kamus al-Munawwi (Ahmad Warson Munawwir), Kamus Arab Indonesia yang sebenarnya, wujud dalam sebuah karakter pada perilaku kehidupan adalah tergambar pada akhlak, tabiat, watak, kebiasaan yang dibawa dari lingkungan di mana mereka hidup.
Selain itu menurut (Darma Kesuma; 2011), karakter merupakan nilai tentang sesuatu. Suatu nilai yang diwujudkan dalam bentuk prilaku individu yang disebut karakter ini terus melakat sepanjang hayat. Oleh karena itu, tidak ada prilaku yang tidak bebas dari nilai. Hanya sejauhmana kita memahami nilai-nilai yang terkandung didalam perilaku indivindu yang memungkinkan dalam kondisi yang tidak jelas. Dalam arti bahwa nilai dari suatu perilaku sangat sulit dipahami oleh orang lain.
Imam al-Gazali dalam kitab Ihya Ulumuddin, menerangkan bahwa karakter (akhlak-budi pekerti) adalah tingkah laku seseorang yang berasal dari hati yang baik. Al-Gazali beranggapan bahwa karakter adalah sesuatu yang bersemayam dalam jiwa, yang bentuk aktualisasinya timbul perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa dipikirkan.
Dengan memahami konsep pendidikan karakter yang disebut di atas, kita tentu akan menjadi lebih sadar bahwa anak-anak kita agar menjadi manusia yang berkarakter haruslah kita didik da kita bimbing dengan nilai-nilai agama dan moral yang baik.
Kita tahu bahwa manusia diciptakan oleh Allah SWT dibekali berbagai potensi yang harus ditumbuh kembangkan, sehingga potesi tersebut sesuai dengan fungsi diciptakannya manusia itu sediri yaitu sebagai khalifatullah fil ardh, wakil Allah di muka bumi dalam rangka untuk memelihara alam dunia ini.