Lihat ke Halaman Asli

Melatih Daya Ingat Sebelum Tidur

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kali ini kita akan menggunakan teknik pengulangan untuk memperbaiki daya ingat kita. Pengulangan yang dimaksud adalah pengulangan atas kejadian/aktifitas yang anda lakukan seharian ini (tentu seharian ini anda beraktifitas, kan?). Kecuali jika seharian ini anda teronggok di kasur, pastinya ada banyak hal yang telah anda lakukan. Apapun kegiatan itu, kita akan ulang kembali kejadiannya. Permainan (latihan) ini cukup mudah. Sebelum tidur, luangkanlah beberapa menit untuk mengingat-ingat, kejadian apa saja yang anda lakukan hal ini. Buatlah kegiatan ini menjadi kegiatan yang semenarik mungkin. Anggap anda sedang menjadi seorang kru televisi yang disuruh untuk merewind adegan yang baru saja dishooting. Jadi sebelum anda memejamkan mata untuk tidur, coba ingat kembali beberapa hal berikut:

  1. Sebelum anda merebahkan diri di tempat tidur, apa yang anda lakukan?
  2. Jika anda baru saja makan malam, apa yang baru saja anda makan? (apakah itu ayam goreng, atau pecel lele, atau semur jengkol), apapun makanannya, tanyakan lebih detil kepada diri anda
  • Ada berapa potong ayam/lele/jengkol di meja makan anda tadi ?
  • Apa anda masih ingat piring tempat anda makan tadi, apa coraknya? Warnanya apa?.
  • Apa anda benar-benar dapat mengingat dengan jelas, bagaimana tekstur makanan yang anda makan (misalnya, ayam gorengnya seperti apa, apakah istri anda menggoreng ayam itu dalam bentuk yang tidak karuan?. Apakah lele goreng itu tekstur dagingnya begitu lembut dan “enak dilihat”? Apakah jengkol yang tadi anda makan, begitu hot dan menggairahkan dengan cabai merah yang menggugah selera?

Jika anda belum merasa benar-benar mengantuk dan mulai menyukai aktifitas ini, maka tidak ada salahnya untuk memutar “film” anda lebih jauh lagi kebelakang. Ingat-ingatlah secara lebih mendetil tentang semua aktifitas yang anda lakukan sebelum makan malam. Apakah sebelumnya anda menonton televisi atau mendengarkan radio. Ulangi kembali pertanyaan dasarnya. (Acara apa yang anda tonton? Di stasiun televisi mana anda menonton acara tersebut? Ada berapa banyak stasiun/channel televise yang anda lihat malam ini. Mengisahkan tentang apa acara yang anda tonton itu? Jika itu berita, maka berita apa itu, inti dan kesimpulan dari berita/ dialog di tivi itu apa?.) Hal yang perlu anda ingat adalah bahwa anda harus melakukan semua kegiatan itu dengan perasaan yang riang gembira. Anda harus menikmati permainan ini. Mungkin anda akan sedikit merasa pusing ketika anda melakukan kegiatan ini pertama kalinya. Tapi cobalah tanamkan keyakinan dalam diri anda, bahwa anda perlu melakukan semua ini untuk memperbaiki kehidupan anda. Memperbaiki ingatan adalah memperbaiki sebagian kualitas hidup anda. Oh, ya. Satu lagi, Mulailah untuk mengingat kegiatan kegiatan yang menurut anda menarik. Artinya, anda tidak harus memulainya dengan contoh yang diberikan di atas. Jika menurut anda mengingat kejadian makan malam atau mengingat kembali perdebatan sengit di tivi bukan suatu hal menyenangkan untuk dilakukan, maka anda tidak harus melakukannya. Intinya. Carilah kegiatan hari ini yang memiliki kesan tersendiri di hati anda. Dan cobalah eksplor lebih dalam lagi. Selamat berlatih…. (artikel di atas diambil dari blog: manemonik.com)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline