Lihat ke Halaman Asli

Acek Rudy

TERVERIFIKASI

Palu Gada

Taktik Parkir Bis, Kekalahan Maroko Karena Melupakan Yunani

Diperbarui: 15 Desember 2022   06:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Taktik Parkir Bis, Kekalahan Maroko Karena Melupakan Yunani (gambar: bola.com)

Gelaran Piala Dunia kembali membuat geger. Para pencinta bola kini punya gacoan baru, tim kuda hitam Maroko.

Tim Singa Atlas ini muncul sebagai juara grup F. Pada babak penyisihan berhasil mengalahkan Canada, menahan imbang Kroasia, dan mempermalukan tim unggulan Belgia.

Pada babak 16 besar, Maroko kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Spanyol. Lalu melaju ke semifinal dengan mengalahkan tim raksasa Portugal.

Pertandingan yang berlangsung di stadium Al Thumama itu membuat publik sepak bola heran. Tim Portugal diperkuat dengan mega bintangnya, sepertinya tidak berdaya.

Sayangnya langkah Maroko harus terhenti. Mereka harus mengakui kehebatan timnas Prancis. Kalah dengan skor 2-0.

Apa yang terjadi? Saya melihat ada perubahan strategi yang dilakukan oleh Maroko. Melawan Prancis, mereka cenderung agresif, bermain menyerang. Sementara sedari awal hingga babak semifinal, Maroko telah menerapkan strategi yang senada; membangun tembok bertahan.

Akibatnya, meskipun tampil dominan di lini tengah, mereka tidak berhasil menyelesaikan tantangan di lini depan. Tidak ada serangan yang mematikan, para penyerang Maroko malah terlihat seperti orang kebingungan.

Mungkin karena mereka tidak punya penyerang pembeda, seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, atau Kylian Mbappe. Sehingga strategi menyerang Maroko lebih terlihat sebagai tontonan hiburan belaka. Tidak berbahaya.

Seharusnya mereka belajar dari Tim Yunani pada Euro 2004 silam.

Sama seperti Maroko, tim Yunani juga tidak diunggulkan. Pada laga pembuka, secara mengejutkan mereka mengalahkan tim Portugal dengan skor 2-1. Pada babak selanjutnya, menahan imbang Spanyol.

Pada babak terakhir, Yunani hampir tidak lolos karena kalah oleh Rusia. Tapi, pada saat yang sama, Spanyol harus tersingkir karena kalah dari Portugal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline