Lihat ke Halaman Asli

Acek Rudy

TERVERIFIKASI

Palu Gada

Kisah Para Istri dan Kekasih Dewa Zeus, Patriarki vs Matriarki?

Diperbarui: 8 Juli 2021   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: the-travel-insiders.com

Dalam Mitologi Yunani, Zeus adalah yang terkuat. Ia adalah Raja dari Para Dewa Olympus (Olympians).

Sebagai raja, Zeus adalah dewa yang memiliki ratusan wanita. Sebagian dinikahi secara resmi, sebagian lagi merupakan skandal cinta terlarang.

Dari kisah percintaan Zeus, muncullah banyak tokoh tambahan. Ini yang membuat Mitologi Yunani menjadi salah satu kisah terbaik sepanjang sejarah manusia. Sarat dengan pesan moral, cinta, pengorbanan, kepahlawanan, hingga intrik politik.

Bisa dikatakan, tanpa Zeus dan kisah romansanya, Mitologi Yunani hanya sekedar cerpen tanpa makna. Berikut adalah daftar istri dan kekasih Zeus dan sedikit kisah tentang mereka.

Hera, Sang Permaisuri Pencemburu

Hera adalah anak sulung dari pasangan Titan, Kronus dan Rhea. Dalam mitologi, ia adalah dewi pelindung pernikahan, perempuan, dan kelahiran.

Sayangnya bahtera pernikahannya tidaklah seharum tugasnya di dunia. Ia mengawini Zeus, sang Raja Dewa yang merupakan adik kandungnya sendiri.

Kendati menjadi istri pertama dan sekaligus Ratu para Dewa, Hera sebenarnya tidak mencintai Zeus.

Awalnya Zeus melamar Hera dengan baik-baik. Tapi, Hera yang tidak mencintai Zeus hanya membuat satu persyaratan yang sulit bagi Zeus. Ia hanya akan menikahi Zeus jika jatuh cinta padanya.

Syahdan suatu hari ada seekor burung yang masuk ke kamar Hera. Sang burung begitu menawan, hingga Hera berniat memeliharanya.

Ketika Hera mengatakan ia mencintai burung tersebut, berubahlah sang burung kembali ke wujud asalnya, yaitu Zeus. Mereka kemudian menikah dan menjadi penguasa Olympus.

Dari hasil pernikahannya dengan Hera, mereka memiliki empat orang anak, yaitu: Hephaestus (Dewa Api), Ares (Dewa Perang), Hebe (Dewi Pemuda dan Musim Semi), dan Eileithya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline