Lihat ke Halaman Asli

Acek Rudy

TERVERIFIKASI

Palu Gada

Sains: Usia Paling Sesuai, 23 Cari Jodoh, 69 Jadi Penulis

Diperbarui: 29 Mei 2021   06:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sains: Usia Paling Ideal, 23 Mencari Jodoh, 69 Menjadi Penulis (library.neura.edu.au)

Situasi dan kondisi selalu berhubungan dengan usia manusia. Ada semacam aturan umum yang berlaku di sini. 6 tahun masuk SD, 17 tahun dapat KTP, 19 tahun sudah bisa kawin.

Mengapa demikian? Tidak ada alasan. 

Semuanya hanyalah aturan yang dibuat berlaku. Padahal ukuran kedewasaan secara biologis dan fisiologis bisa saja berbeda-beda.

Menariknya, saya pernah mendengar kabar-kabar burung. Katanya sih, wanita di usia 24 memiliki bodi yang paling bagus sepanjang usianya. Belum tentu benar, kendati alasannya cukup menggoyah nalar.

Disebutkan bahwa usia 24 adalah merupakan masa yang paling subur dari seorang wanita. Oleh sebab itu, faktor biologis mempengaruhi.

Nah, ternyata usia memang sangat identik dengan kesiapan biologis dan filosofis. Bagi kalian yang sudah merasa dewasa meskipun belum berumur 17 tahun, sila simak deretan usia yang paling pas untuk aktivitas tertentu berdasarkan usia.

Bahasa Baru, 10 Tahun

Usia paling sesuai untuk mulai belajar bahasa baru adalah 7 tahun. Yang terbaik adalah 10 tahun. Jika masih ingin dipaksakan, maka 18 tahun adalah batasan maksimum.

Sudah itu akan sedikit lebih sulit. Teori ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Joshua Harsthorne, seorang psikolog dari Harvard University.

Mengingat Wajah, 32 Tahun

Jangan kira semakin bertambah usia, semakin pudar daya ingat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Laura Germine, psikolog dari Harvard University mengungkapkan bahwa kemampuan terbaik untuk mengingat wajah adalah di usia 32 tahun.

Otot Paling Kuat, 25 Tahun

Anak-anak dilarang untuk olahraga membesarkan otot terlalu dini. Pertumbuhan tulang dan otot belum maksimal.

Saran dari American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa usia 20 tahun adalah saat yang paling tepat untuk memulai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline