Lihat ke Halaman Asli

KOMARIAH

ABDI NEGARA DI SDN KEDUNGSUKUN 01

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 23 Februari 2023   01:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 2.1

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkan saya Komariah,S.Pd.SD calon guru penggerak angkatan 7 Kabupaten Tegal..

Dalam kesempatan kali ini saya akan menulis tentang jurnal refleksi dwi mingguan modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi menggunakan model 4 F yaitu Fact ( Peristiwa ), Feeling ( Perasaan ), Finding ( Pembelajaran ) dan Future ( Penerapan ).

Fact ( Peristiwa )

Proses Pendidikan Guru Penggerak meliputi Pelatihan secara daring, Lokakarya dan Pendampingan oleh Pengajar Praktik. Pelatihan secara daring melalui LMS ( Learning Management Sistem) menggunakan alur MERDEKA ( Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman dan Aksi Nyata.

Pembelajaran  modul 2.1 ini dimulai pada tanggal 8 Februari 2023 dengan kegiatan pretest . Pada awal modul 2.1 di bagian mulai dari diri saya membuat refleksi diri tentang bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar anak yang beragam. Saya disuruh  membayangkan kondisi kelas yang saya ajar saat ini, saya diminta menjelaskan tantangan-tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas serta tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut

Pada tahap eksplorasi konsep forum diskusi saya membuat diagram frayer untuk mengukur sejauh mana pemahaman saya terkait materi pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan peserta didik. Saya diharapkan mampu menganalisis kebutuhan belajar anak, setelah itu menuliskan notes dan menjawab pertanyaan dari setiap laman yang ada di eksplorasi konsep.

Berikutnya Ruang Kolaborasi bersama Ibu Fasilitator yaitu Ibu Evy Sumiati,M.Pd. Pada pertemuan 1 Kami kelompok A1 dan B1 dibagi dibagi lagi menjadi 3 Kelompok  yaitu A1,A2 dan A3 untuk mendiskusikan, menganalisis dan memaparkannya tentang skenario pembelajaran yang ada di LMS. Kelompok kami mendapat tugas untuk menganalisis skenario pembelajaran Tk SD apakah kebutuhan belajar anak sudah terpenuhi atau tidak. 

Pada kegiatan Ruang Kolaborasi ke 2 kami mendapat tugas untuk mempresentasikan hasil diskusi kami dan kelompok lain memberi tanggapan/ umpan balik. Seru sekali rasanya bisa berbagi dengan kelompok lain. Banyak mendapat pemahaman baru, apalagi teman-teman saya dari kelompok lain adalah orang-orang yang hebat, pengalamannya banyak sehingga saya mendapatkan ilmu baru dari mereka. Selesai diskusi kelompok hasilnya diunggah di LMS.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline