Lihat ke Halaman Asli

Komar

Menyajikan berita teraktual dan terpercaya

Polresta Banda Aceh Mencatat 27 Kasus Pelecehan Seksual Anak Sepanjang 2020

Diperbarui: 16 Oktober 2020   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

AKP M. Ryan (Kemeja), saat konferensi pers pelecehan seksual terhadap anak beberapa waktu lalu, DokPri

Banda Aceh - Polresta Banda Aceh mencatat ada 27 kasus pelecehan seksual terhadap anak yang terjadi pada bulan Januari hingga Oktober 2020.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto melalui Kasatreskrim AKP M Ryan Citra Yudha mengatakan, dari 27 kasus tersebut 24 berhasil ditangani tuntas dan tiga lagi masih dalam penyelidikan.

"Untuk tahun 2019 lalu, jumlah kasusnya sebanyak 21 periode Januari hingga Desember," kata Ryan kepada Kompasiana melalui pesan WhatsApp, Jumat, 16 Oktober 2020.

Ryan menyebutkan, dengan begitu berarti, ada peningkatan kasus pelecehan seksual terhadap anak di tahun 2020 dibandingkan dengan tahun lalu.

"Kita mengambil data secara kuantitas dan umum. Jadi, kalau di wilayah mana paling banyak itu relatif. Intinya di Wilayah Hukum (Wilkum) Polresta Banda Aceh," tutur Ryan.

Sementara itu, ia menyampaikan, dalam penanganan perkara kejahatan terhadap anak itu secara umum pihak kepolisian Polresta Banda Aceh tidak memiliki kesulitan yang berarti baik anak sebagai korban maupun sebagai pelaku.

 "Hanya saja kendala-kendala yang sering dihadapi oleh penyidik pada umumnya yaitu terhadap anak sendiri yang menjadi korban terkadang sulit untuk mengungkapkan apa yang telah terjadi terhadap dirinya," ujar Ryan.

Namun demikian, lanjutnya, semua itu bisa diatasi dengan cara-cara yang kita lakukan agar anak tersebut mau untuk memberikan keterangannya. Termasuk dengan pendampingan dari instansi terkait seperti Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) maupun Balai Pemasyarakatan (BAPAS).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline