Business Model Canvas : Usaha Gorengan di sekitar kampus Undiksha
Dalam menjalankan suatu usaha ataupun bisnis,seorang tentunya harus memiliki strategi dalam membangun dan menjalankan bisnisnya agar tetap bisa berkembang menjadi bisnis yang lebih baik. Namun, tidak hanya sebuah strategi saja. Manajemen bisnis, sistem dan analisis bisnis sangat diperlukan serta berbagai komponen yang termuat di dalamnya. Untuk menggapai semua itu diperlukan sebuah model bisnis yang efektif dan efesien dalam mencakup aspek-aspek penting bisnis. Salah satu model bisnis yang terbukti efektif dan efesien dalam mencangkup maupun menjelaskan sebagian besar aspek penting dalam bisnis adalah business model Canvas.
Apa itu Business Model Canvas ?
Business model Canvas merupakan sebuah alat alat (tool) yang ada dalam strategi manajemen bisnis usaha yang digunakan untuk menerjemahkan konsep, keuangan, konsumen dalam bentuk element-element visual. Bisnis model canvas memiliki sebuah keuntungan yaitu membagi hal-hal atau beberapa element penting dalam bisnis ke dalam beberapa focus yang lebih jelas. Memudahkan para pemilik bisnis dan pelaku bisnis untuk menerapkan aspek bisnis secara lebih jelas kedalam perusahaan.
Berikut contohBusinessModel Canvas: Usaha Gorengan sekitar Kampus Undiksha
Penjelasan dan contoh elment-element yang terdapat dalam BusinessModel Canvas
Dalam membuatBusinessModel Canvas terdapat sembilan element penting yang harus disertakan, berikut penjelasan dan contohnya :
1. Customer Segment
Customer segment merupakan element yang menyatakan segmen atau target dari produk yang dimiliki. Pada element customer segment contohnya seperti mahasiswa, pegawai undiksha ataupun semua kalangan di masyarakat.
2. Value Propositions
Value Propositions merupakan nilai jual produk atau kwalitas layanan yang diberikan oleh usaha yang dimiliki. Pada element value propositions berisi tentang bagaimana keunikan dari produk atau jasa yang ditawarkan dan bagaimana potensi pengembangan produk di masa depan. Contohnya seperti produk gorengan selalu digoreng dengan minyak baru.
3. Channel
Channel merupakan sebuah sarana interaksi antara konsumen dengan wirausaha sebagai tujuan untuk melakukan promosi, penawaran produk dan jasa yang disediakan. Pada element channel ini contohnya seperti membuat akun media sosial produk, mempromosikan lewat instagram, wa, ataupun membuat banner produk.