Lihat ke Halaman Asli

Bagas Ekkar

Mahasiswa

Mahasiswa Harus Punya Skill Menulis, Apa sih Manfaatnya?

Diperbarui: 13 Maret 2023   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apasih yang terbayang di pikiran kalian saat mendengar hal-hal yang berbau menulis?
    

Ya, tentu saja menulis itu suatu kegiatan yang bisa dikatakan menyenangkan, namun sulit dilakukan. Karena seperti yang kita ketahui menulis itu seperti mendekati seorang perempuan, kita harus mempunyai ide kreatif agar perempuan itu tidak bosan dengan kita, bagaimana cara kita menuangkan kata-kata yang manis agak perempuan itu terkesan terhadap kita. Sama halnya dengan menulis, kita harus mempunyai ide dan juga harus bisa menuangkan sebuah kata-kata atau kalimat di secarik kertas.
    

Sejak kecil kita sudah diajarkan menulis, namun belum sampai ke tahap yang lebih tinggi, masih pada tahap yang sederhana seperti menulis sebuah pesan. Semua orang pada dasarnya bisa menulis, tergantung apakah orang itu ingin menulis atau tidak, itu pilihan mereka. Saat sudah masuk ke jenjang yang lebih tinggi, khususnya seperti kegiatan menulis ini sangat banyak digandrungi, dan banyak benefitnya, setelah mengetahuinya kita bisa tertarik untuk mulai menulis.
    

Terkadang, orang mengalami kesulitan memberikan gagasan secara langsung, karena memiliki tingkat nervous yang cukup tinggi, maka dari itu menulis bisa dijadikan sebagai wadah atau perantara untuk memuat ide-ide atau gagasan mereka. Sebagai generasi Z, tentu saja akan memiliki banyak aspirasi yang ingin disampaikan, oleh karena itu, menulis sangatlah cocok untuk generasi ini. Dengan menulis kita akan bisa menuangkan gagasan kita dengan teratur dan lebih baik.
 

Lalu dengan menulis, kita dapat menyebarluaskan pengetahuan yang dimiliki, seperti kita mempunyai sebuah skil public speaking, bisa saja kita bisa memberikan tips ataupun cara-cara ampuh agar bisa menjadi pembicara yang handal, ataupun memberikan ilmu bagaimana cara mendekati wanita, dan masih banyak lagi.
 

Menulis juga dapat memberikan dampak yang bagus untuk kemajuan studi kita, khususnya sebagai mahasiswa, itu akan memberikan rasa percaya diri, karena kita sudah terlatih dalam menulis. Hal ini juga berdampak dalam pembuatan sebuah proposal skripsi bagi mahasiswa, pada dasarnya dalam pembuatan skripsi, selain mahasiswa harus bisa mencari data, mereka juga harus bisa merangkai kata-kata atau kalimat yang nantinya akan menarik dibaca oleh penguji.

Seperti yang kita tahu, menulis dapat menjadikan kita orang yang terkenal. Hal ini disebabkan karena kita sering menulis dan juga sering upload ke berbagai platform media sosial yang memberikan kebebasan dalam kita bereskpresi. Seperti raditya dika yang seorang komikus sekaligus penulis, karena kecintaanya dia dalam menulis, akhirnya dia mampu menembus pasar itu dan akhirnya menjadi seorang penulis yang cukup terkenal dikalangan anak muda.

Selain itu, menulis juga dapat menghasilkan cuan. Ini merupakan sebuah kesempatan emas untuk meraup keuntungan, sekaligus berlatih menulis khususnya bagi mahasiswa. Banyak sekali pekerjaan menulis yang dapat menghasilkan sebuah uang, salah satunya seperti freelance copywriter, menjadi seorang copywriter juga harus bisa merangkai kata semenarik mungkin, agar para pembaca tertarik dengan apa yang kita pasarkan.

Apakah sudah mulai ada minat menulis? Yuk asah keterampilan menulismu, banyak manfaatnya dan tentu saja tidak akan bosan.
 

Jadi, menulis itu memiliki segudang manfaat. Mulailah menulis, karena menulis sangat menyenangkan, selain bisa menuangkan ide, dapat juga menghasilkan uang, yuk menulis dan ekspresikan diri kita di dalam sebuah kata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline