Lihat ke Halaman Asli

I Komang Adhya

Wiraswasta

Begini Cara Memilih Obligasi FR yang Benar!

Diperbarui: 17 Juli 2024   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image by jcomp from Freepik

Sebagai seorang investor yang sebagian portofolioku dialokasikan pada produk Obligasi FR, aku merasakan manfaat nyata dari instrumen investasi ini. Stabilitas yang ditawarkan, ditambah potensi imbal hasil yang menarik, membuat Obligasi FR menjadi pilihan yang menarik bagi kamu yang menginginkan pertumbuhan aset yang lebih terukur.

Berbeda dengan produk investasi lain, misalnya saham yang imbal hasilnya tidak pasti. Saham itu high risk high return, jadi risikonya selaras dengan potensi keuntungannya yang juga tinggi. Namun karena alasan inilah, sebagai investor kita tidak bisa memprediksi secara pasti imbal hasil dari investasi saham.

Mengapa Memilih Obligasi FR?

Obligasi FR (Fixed Rate) atau Obligasi Bunga Tetap, menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan instrumen investasi lainnya. Pertama, tingkat kupon atau bunga yang ditawarkan sudah ditetapkan sejak awal, sehingga kamu memiliki kepastian akan pendapatan yang akan diterima. 

Kedua, Obligasi FR umumnya dianggap lebih aman dibandingkan deposito, karena modal investasinya dijamin oleh Pemerintah tanpa batas, berbeda dengan deposito yang modal investasinya dijamin LPS maksimal Rp2 miliar saja. 

Selain itu, yang lebih meyakinkan lagi yaitu obligasi negara juga tidak pernah mengalami gagal bayar sepanjang sejarah. Terakhir, Obligasi FR memberikan diversifikasi portofolio yang baik, mengurangi risiko jika dibandingkan dengan hanya berinvestasi pada satu jenis aset saja.

Image by Victoria from Pixabay

Cara Memilih Obligasi FR

Dalam memilih Obligasi FR, ada beberapa faktor penting yang perlu kamu perhatikan:

1. Kupon

Pertama dari tingkat kupon yang ditawarkan akan mempengaruhi besarnya pendapatan yang kamu terima. Semakin tinggi kupon, semakin besar pula potensi imbal hasilmu. Tapi hal selanjutnya lebih penting dalam memilih Obligasi FR, yaitu Yield.

2. Yield

Yield adalah tingkat pengembalian yang akan kamu dapatkan jika memegang obligasi hingga jatuh tempo. Yield dapat dipengaruhi oleh harga pembelian obligasi dan tingkat kupon. Jadi jika kamu membeli di harga diskon maka yield mu otomatis tinggi, sebaliknya jika kamu membeli di harga premium maka yield mu otomatis rendah.

3. Jangka Waktu

Jangka waktu obligasi akan menentukan durasi kamu mengunci dana investasi. Obligasi FR dengan sisa jangka waktu pendek umumnya memiliki volatilitas yang lebih rendah, jadi pastikan dulu kupon yang akan kamu dapatkan menguntungkan atau tidak jika dibandingkan harga beli yang diperoleh.

Transaksi di Pasar Sekunder

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline