Lihat ke Halaman Asli

Widiyatmoko

TERVERIFIKASI

Aviation Enthusiast | Aerophile | Responsible Traveler

Liburan Dengan Konsep Rehat dan Rileksasi

Diperbarui: 28 April 2023   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Chill and Heal (Sumber : pixabay.com)

Segala kegiatan pada rutinitas kebanyakan membuat kita stress melalui tekanan pada pekerjaan dengan skedul, deadline dan lainnya, umumnya orang memutuskan untuk keluar sejenak dari rutinitas tersebut dengan berlibur.

Pertanyaan kini adalah apakah semua kegiatan liburan dapat menjamin kita untuk dapat melepaskan diri dari segala tekanan tekanan pada rutinitas kita? Jawabannya mungkin bisa iya juga mungkin tidak karena semua itu tergantung dari energi pada diri kita.

Apabila kita tidak berhasil melepaskan energi negatif dan menggantinya dengan yang baru saat liburan walau dengan segala aktivitas yang menyenangkan sekalipun, maka liburan kita hanya menghibur sesaat karena kita akan kembali ke rutinitas dengan energi yang sama serta ditambah dengan keletihan fisik dari kegiatan kegiatan dalam liburan kita. 

Tekanan pada pekerjaan ataupun kehidupan sehari hari lainnya bisa menciptakan stress, akibatnya kita terkadang menjadi kurang tidur, keletihan akibat dari kelebihan bekerja, kurang makan dan asupan gizi dan lainnya. 

Semua ini menciptakan energi negatif pada badan dan pikiran kita, nah jika energi negatif ini tidak tergantikan dan bahkan ditambah dengan keletihan fisik akibat dari kegiatan yang kita lakukan pada liburan maka ini justru akan memperburuk keadaan dan kondisi kita. 

Oleh karenanya jika kita memang ingin melepaskan energi negatif dari badan kita melalui liburan maka kita perlu merencanakan liburan kita agar dapat tercapainya tujuan liburan kita yang sebenarnya yaitu melepaskan energi negatif dan menggantikan dengan energi yang segar.
.
Salah satu cara adalah dengan memilih jenis liburan yang berkonsep rehat dan rileksasi (rest and relaxation) seperti misalnya welneess holiday dimana kita akan melakukan kegiatan kegiatan yang menyehatkan badan dan jiwa, selain itu kita juga akan mengkonsunsi makanan yang meyehatkan. 

Hari hari bisa kita isi dengan kegiatan seperti massage, spa, atau sedikit melakukan olah raga seperti jogging atau sekadar berjalan kaki menyisir pantai dan beristirahat sejenak dengan memejamkan mata di atas hammock dengan hembusan angin pantai. 

Bagi yang menyukai meditasi, cobalah untuk mencari penginapan yang menyediakan program dan tempat meditasi yang unik misalnya di bukit atau di dermaga jelang sunset atau sunrise. 

Bagaimana juga dengan sarapan pagi di atas kapal sambil menyaksikan matahari terbit dan kemudian dilanjutkan dengan snorkeling di pagi hari selama satu jam. 

Usahakan untuk selalu memfokuskan diri kita pada keberadaan kita dan rebut kendali terhadap diri kita dari waktu yang dalam rutinitas selalu mengendalikan kita dengan skedul, deadlines, dan lainnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline