Lihat ke Halaman Asli

Widiyatmoko

TERVERIFIKASI

Aviation Enthusiast | Aerophile | Responsible Traveler

Pesawat L-1011 dan DC-10 dalam Sejarah Pesawat Berbadan Lebar

Diperbarui: 9 April 2023   06:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Pinterest.com

Kedua pesawat ini sama sama memiliki tiga mesin jet yang terletak di bagian ekor pesawat yang mengurangi kebisingan mesin pesawat yang umumnya terdapat di bagian sayap pesawat

Keduanya juga lahir karena adanya permintaan dari berbagai maskapai yang membutuhkan pesawat jet penumpang dengan ukuran lebih kecil dari Boeing B 747 namun juga dapat terbang lintas Samudera Atlantik Utara yang mengbubungkan kota kota di Amerika Utara dan benua Eropa.

Kedua pesawat ini adalah Lockheed L-1011 Tristar dan Douglas DC-10 (sekarang Mcdonnell Douglas) dan menjadi pengisi gap bagi para maskapai pada hal kapasitas antara Boeing B 707 dan B 747.

Kapasitas B 707 adalah 181-200 kursi dan untuk B 747 adalah 416 kursi (3 kelas) atau 524 kurrsi (2 kelas), sedangkan untuk L-1011 antara 250-400 kursi dan untuk DC-10 adalah 250-380 kursi tergantung jumlah kelas penerbangan.

Douglas DC 10 lebih dulu masuk ke pasar baru kemudian disusul oleh Lockheed L-1011 Tristar (sekarang Lockheed Martin), sebabnya adalah karena pihak Lockheed harus mendesain dari nol.sedangkan pihak Douglas tidak demikian.

Ini karena desain pesawat yang digunakan pada DC 10 adalah desain mereka pada kompetisi CX-HLS dari Angkatan Udara Amerika yang menginginkan pesawat kargo militer berkapasitas besar.

Keduanya berbentuk serupa namun tak sana, pembedanya adalah pada letak mesin tengahnya dimana L-1011 mesinnya seperti mwnyatu dengan badan pesawat sedangkan DC 10 mesinnya lebih terlihat menyatu dengan ekor pesawat.

Mengapa kita membahas kedua pesawat yang sudah tidak diproduksi dan dioperasikan lagi ?

Karena perlu diketahui bahwa era pesawat berbadan lebar dalam sejarah penerbangan komersial berjadwal tidak hanya Boeing B 747 tetapi juga kehadiran dari  kedua pesawat ini.

Ketiga pesawat inilah yang telah menghiasi langit di seluruh dunia dan mengangkut jutaan orang serta jutaan ton kargo antar kota, antar negara, antar pulau dan antar benua serta lintas samudera dari awal tahun 1970 an hingga pertengahan tahun 1990 an atau setidaknya hingga kehadiran dari Airbus A 300 pada tahun 1974.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline