Untuk lebih mudah memahami latarbelakang dari kantong udara di pesawat ini, penulis melihat dari dua hal yaitu Head Injury Creterion atau Kriteria Cedera Kepala dan five-point belt restraint system dimana keduanya dapat dikatakan memiliki keterkaitan yang erat dengan airbags.
***
Perkembangan teknologi dapat membuat kehidupan manusia lebih mudah, cepat dan adakalanya kombinasi mudah dan cepat menciptakan sebuah keadaan menjadi hassle-free kepada manusia.
Perkembangan teknologi juga membuat tindakan pencegahan dari sebuah keadaan yang dapat mengancam keselamatan manusia dalam melakukan kegiatannya baik di darat, laut dan udara.
Salah satu dari perkembangan teknologi itu adalah sabuk pengaman dengan sabuk yang menyilang di area dada.
Manfaat dari seat belt di kendaraan bisa mengurangi dampak dari benturan yang terjadi dimana kepala kita dapat terbentur dengan benda di depan kita, karena seat belt akan menahan badan kita dengan begitu dampaknya dapat dikurangi.
Perkembangan Teknologi kemudian juga menciptakan airbags di kendaraan yang tersimpan di dalam stir mobil dan akan mengembang secara otomatis saat terjadi benturan keras dan melindungi kepala dan badan bagian atas kita
Di pesawat seat belt sudah lama dipasang di semua kursi dan menjadi sebuah keharusan dimana seat belt juga berfungsi sebagai penahan badan kita dari terdorong ke depaan saat terjadi benturan.
Ada satu perbedaan dari bentuk seat belt pada pesawat maskapai dengan pesawat non maskapai yaitu pesawat tempur dan pesawat dalam general aviation berukuran kecil, dimana perbedaannya adalah pada ikatan sabuknya.
Sabuk pada pesawat maskapai melingkar di area pinggang kita sedangkan di pesawat tempur dan beberapa pesawat general aviation sabuknnya menahan kedua pundak kita.
Mengutip dari situs aviationconsumer.com, ada ruang yang disebut dengan flail space atau ruang dimana anggota tubuh kita akan terdorong ke ruang tersebut ketika terjadi benturan, sehingga jika ada benda pada ruang tersebut maka pada benda tersebut anggota badan kita termasuk kepala akan terlempar dan juga terbentur.
Di pesawat tempur dan pesawat kecil dimana flail space di dalam pesawat tidak seluas dengan pesawat maskapai maka sabuk di kedua pundak dapat menahan seluruh anggota badan kita dari terbentur dengan segala benda yang terdapat dihadapan mereka.