Lihat ke Halaman Asli

Widiyatmoko

TERVERIFIKASI

Aviation Enthusiast | Aerophile | Responsible Traveler

Kedaulatan Negara di Luar Angkasa dan Benua Amasia

Diperbarui: 24 Agustus 2022   03:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Planet Bumi (foto : Wikiimages/pixabay.com)

Salah satu bukti dari adanya kedaulatan sebuah negara adalah adanya batas negara yang dapat berupa garis di darat yang menandakan pula bahwa segala hukum yang berlaku di satu negara akan berakhir di garis tersebut kecuali bila ada kesepakatan diantara kedua negara.

Batas batas negara ini dapat kita jumpai ketika perjalanan kita terhenti di perbatasan untuk pemeriksaan administrasi sebelum dapat melanjutkan perjalanan di negara tujuan kita.

Keadaan akan berbeda ketika kita melakukan perjalanan laut dan udara dimana pemeriksaan baru dilakukan ketika kita sudah berada di negara tujuan, ini berarti kita sudah melintasi batas negara tanpa pemeriksaan di poin perbatasan.

Bagaimana dengan di luar angkasa ?

Hukum internasional tidak mendefiniskan batas bumi dan luar angkasa bahkan dengan keberadaan garis Karman yang diperkenalkan oleh FAI (World Air Sports Federation) yang menetapkan batas bumi dan luar angkasa ada pada ketinggian 100 km dari permukaan laut serta batas yang ditetapkan oleh NASA sejauh 80 km dari permukaan laut sekalipun dimana keduanya tidak pernah menjadi dasar dari hukum internasional yang mengatur perbatasan antar negara secara vertikal.

Satu hal yang mungkin berlaku adalah ketika kemampuan jarak tempuh sebuah rudal dapat menembak jatuh sebuah objek yang dianggap melanggar batas negara, dan bila tidak mampu maka objek tersebut terus dapat terbang pada ketinggian yang tak dapat dijangkau oleh sistem pertahanan udara sebuah negara.

Walau demikian, bila pada kemudian hari ternyata ada kesepakatan bersama antara negara didunia mengenai batas bumi dan luar angkasa sekalipun, hal ini justru mempertegas bahwa kedualatan negara tidak berlaku diatas ketinggian yang telah ditetapkan tersebut.

Singkatnya tidak ada lagi perbedaan ataupun pembatas negara diluar angkasa seperti yang berlaku di bumi.

Presiden Amerika John F Kennedy pernah berkata "We believe that when men reach beyond this planet, they should leave their national differences behind them."

Dengan meninggalkan perbedaan antar bangsa berarti kita tidak lagi membutuhkan paspor untuk dibubuhi cap di setiap perbatasan di negara yang kita kunjungi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline