Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) akhir--akhir ini dirasakan hampir di setiap aspek kehidupan masyarakat. Sebagaimana setiap kemajuan teknologi komunikasi yang lain, internet masuk ke berbagai bentuk kehidupan masyarakat. Hal ini terjadi karena komunikasi adalah salah satu kebutuhan yang mendasar pada masyarakat. Teknologi internet berkembang dan menyatu dalam sebuah 'dunia' atau 'ruang maya' atau sering disebut sebagai cyber-space, sebuah dunia atau tempat orang dapat berkomunikasi, 'bertemu', dan melakukan berbagai aktivitas ekonomi/bisnis. informasi telah berubah bentuk menjadi suatu komoditi yang dapat diperdagangkan. E-Commerce atau biasa disebut juga perdagangan via elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, www, atau jaringan elektronik lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Electronic Business atau E-Business adalah suatu kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan dapat langsung berinteraksi dengan costumer, supplier maupun rekan bisnis. Atau arti yang lebih singkat dari e-business yaitu penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga dapat memperoleh keuntungan. Teknologi Informasi dan Komunikasi pada e-business digunakan untuk meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek yang berorientasi pada profit maupun nonprofit suatu pperusahaan
Salah satu hal yang memegang peranan penting dalam dunis bisnis adalah bagaimana perusahaan bisa bekerja secara efektif dan efisien. Permasalahan biasanya terdapat pada biaya distribusi lebih tinggi dibandingkan dengan harga aslinya yang berakibat merugikan produsen karena mendapat laba lebih sedikit dan kerugian juga pada konsumen karena konsumen akan membeli dengan harga yang lebih tinggi dari harga seharusnya. Melalui e-commerce (perusahaan digital) menggunakan internet diharapkan mampu menekan biaya transaksi secara signifikan. Fasilitas internet yang bisa kita nikmati sekarang ini seharusnya bisa digunakan sedemikian rupa sehingga bisa digunakan secara efektif dan efisien. Dalam e-commerce juga dibutuhkan strategi -- strategi yang dapat digunakan sebagai upaya perusahaan untuk mencapai misi organisasi, tujuan yang ingin dicapai, serta rencana dan kebijakan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan.
Jenis-Jenis E-Business
1.B2C (Business to Consument)
2.B2B (Business to Business)
3.C2C (Consumer to Consumer)
4.C2B (Consumer to Business)
5.G2B (Goverment to Business)
6.B2G (Bussiness to Government)
7.G2G (Government to Governments)
Tujuan implementasi e-business adalah mendukung efisiensi dan integritas pengolahan data sumber daya manusia, keuangan, supply chain management / Logistic management. Selain itu juga berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi public dan stakeholder lainnya. Dengan berbasiskan internet, system ini dapat diakses di mana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan. Manfaat implementasi e-Business meliputi:
*Meningkatkan kerja operasional perusahaan,
*Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok, dan pendanaan yang sangat luas.
*Meningkatkan efisiensi perusahaan
*Mempermudah pengelolaan asset perusahaan
*Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan
*Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
*Mengatasi kesenjangan digital
*Media mempromosikan kompetensi perusahaan
*Memperlancar kegiatan ekonomi
*Memperlancar transaksi bisnis
*Sarana penyebaran informasi secara luas Dll
Kini, E-Business tidak hanya dijadikan keunggulan kompetitif tetapi sudah menjadi keharusan untuk mendukung implementasi strategi organisasi dengan lebih efektif & efisien dalam rantai bisnisnya. Jika suatu organisasi menggunakan business process dengan konsep E-Business, maka akan memiliki karakteristik berikut : E-Business melibatkan pemakaian tehnologi komunikasi & jaringan. Electronic data interchange (EDI), protokol standar untuk secara elektronik mentransfer informasi antar organisasi dalam berbagai business process. EDI memungkinkan output/ informasi suatu sistem secara elektronik ditransmisikan dan menjadi masukan bagi sistem lainnya. EDI meningkatkan akurasi dan mengurangi biaya melalui penurunan waktu dan biaya yang berhubungan dengan pengiriman dokumen, proses dokumen, dan penyimpanan dokumen (kertas). E-Business akan memberikan manfaat ekonomis dalam setiap rantai bisnisnya, baik aktivitas-aktivitas utama maupun aktivitas pendukungnya yaitu meliputi purchases, inbound logistic, operation, human resources, infrastucture, outbound logistic, marketing, sales, services
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H