Lihat ke Halaman Asli

khansa tabina

buat tugas

Membangun Character Building Generasi Milenial menuju Indonesia Emas

Diperbarui: 8 Agustus 2023   13:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa sih Character Building itu? Sebelum membahas seluruhnya, yuk kita cari tau masing masing arti dari dua kata tersebut. Mengutip dari Jurnalis Nuansa (2022), karakter berarti sifat yang dibawa oleh tiap individu, yang setiap orang memiliki karakter masing masing. Pengertian karakter lebih mengarah kepada moral dan budi pekerti seseorang, tentunya yang bersifat positif. Karakter adalah sifat seseorang yang saling berhubungan dengan Tuhan, sesama manusia, dan dirinya sendiri. Karakter merupakan sifat natural yang dapat diubah apabila individu itu sendiri ingin merubahnya. Tidak dapat di pungkiri bahwasanya ada individu yang memiliki karakter yang kurang baik atau karakter yang membawa dampak negatif bagi lingkungan sekitarnya. Lalu pengertian build (nomina benda) dalam KBBI adalah gedung atau bangunan, tetapi dalam konteks ini, kita bisa menyimpulkannya  dengan arti membangun. Jadi Character Building adalah suatu upaya atau salah satu usaha untuk membangun karakter dengan tujuan positif serta dapat memberikan dampak yang baik bagi sekitarnya.

Selanjutnya, sudah tau belum apa itu generasi Milenial?
Generasi Milenial atau Milenial adalah sekelompok orang atau umur yang lahir diantara tahun 1980 hingga tahun 2000an. Generasi Milenial merupakan generasi anak muda yang saat ini populasinva sedikit lebih banyak atau mendominasi dibandingkan generasi sebelumnya, berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, 54% jumlah penduduk di Indonesia, di dominasi oleh kalangan yang berusia muda loh! Kalangan generasi muda atau generasi milenial spesifiknya berjumlah 69,83 juta jiwa dan generasi Z berjumlah 75,49 juta jiwa, banyak sekali ya.

Generasi milenial adalah generasi yang tumbuh berdampingan dengan majunya teknologi dan informasi. Majunya teknologi dan informasi yang pest tidak hanya membawa dampak yang positif saja, kemajuan tersebut pun dapat membawa dampak negatif atau pengaruh buruk bagi penggunanya. Misalnya saja ketika suatu informasi keluar dan beredar cepat di internet, maka saat itu juga berjuta orang dapat mengakses informasi tersebut, tidak tahu bahwa informasi tersebut bersifat valid atau tidak, dan tidak sedikit juga informasi yang saat ini beredar di internet dapat dibuktikan keasliannya, alias informasi tersebut bersifat hoax. Maka dari itu, character building atau pembangunan karakter yang bisa dilakukan oleh generasi milenial sekarang adalah karakter untuk memilah dan memilih informasi serta tidak melanjutkan penyebaran informasi yang belum dapat dibuktikan keasliannya atau bisa disebut dengan berita hoax. Sebagai generasi yang sudah melek teknologi informasi, alangkah baiknya untuk ikut memberantas berita hoax serta tidak meneruskan atau menyebarkannya lebih luas lagi. Saat in marak sekali kasus penipuan canggih yang dampaknya sangat buruk bagi orang lain, bahkan orang tua kita juga. Generasi orang tua kita tidak terlalu mengikuti perkembangan zaman yang mulai sangat canggih sekarang. Mereka hanya mengetahui dan memahami aspek aspek umum yang ada. Penipuan canggih yang dapat menjadi salah satu contohnya seperti penyebaran surat formal dari suatu instansi bank untuk menaikkan tarif transaksi atau menurunkan admin bank yang ternyata informasi tersebut adalah informasi hoax.

Maka dari itu character building tentang memilah dan memilih informasi bagi generasi muda sangat diperlukan dan harus meniadi perhatian khusus saat ini. Generasi muda diharapkan mampu mengendalikan tau mengurangi penyebaran berita hoax ataupun informasi informasi yang beredar di internet yang belum dapat dipastikan keasliannya. Untuk mendukung Indonesia menuju Emas, maka generasi muda lah yang sangat besar potensinya dan sangat berperan dalam tujuan ini. Ayo bersama membangun dan mendorong tujuan menjadikan Indonesia Emas dengan peran generasi Millennial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline