Lihat ke Halaman Asli

KMN EyeCare

Klinik Mata

LASIK: Apakah Bisa Menjadi Solusi dari Mata Minus?

Diperbarui: 28 Juni 2024   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Shutterstock

Ditinjau oleh: Dr. Maria Magdalena Purba, SpM

Apakah mata minus dapat disembuhkan?

Pertanyaan ini sering kali muncul, terutama dari pemilik mata minus yang sudah lelah menggunakan kacamata atau berganti-ganti lensa kontak.

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini LASIK mata cukup populer sebagai solusi untuk menghilangkan mata minus secara efektif.

LASIK dianggap sebagai solusi yang efektif untuk menghilangkan mata minus sehingga Anda tidak lagi ketergantungan pada kacamata.

Bagi Anda pemilik mata minus yang berencana untuk menjalani tindakan LASIK, simak penjelasannya pada artikel ini!

KONDISI MATA MINUS

Banyaknya aktivitas yang dilakukan di depan layar smartphone atau laptop menyebabkan mata menjadi lelah dan rawan terjadi kelainan refraksi mata minus.

Mata minus atau rabun jauh, yang dikenal dengan istilah miopia terjadi ketika bola mata seseorang terlalu panjang. Atau bisa juga terjadi ketika kornea (lapisan mata terluar) memiliki lengkungan yang terlalu curam.

Pemilik mata minus selalu mengalami kesulitan melihat objek yang berada di kejauhan. Pandangannya umumnya buram atau kabur pada jarak tertentu. Berbeda saat melihat objek yang dekat sekali, biasanya masih bisa dilakukan tanpa masalah. 

Akibat dari kondisi tersebut, cahaya yang masuk ke mata fokus sebelum mencapai retina sehingga gambar objek terbentuk di belakang retina. Inilah yang menyebabkan objek di kejauhan tampak kabur.

Penderita miopia sering menggunakan kacamata atau lensa kontak dengan lensa korektif minus untuk membantu fokus cahaya pada retina.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline