Mahasiswa Untag Surabaya Bantu Promosikan UMKM Warga melalui Instagram
Oleh: Klotilda Ferni-Mahasiswa Untag Surabaya
Senin, 27 Juni 2022
Surabaya-Bantu bangkit dan kembangkan ekonomi warga , mahasiswa Untag Surabaya membuat strategi promosi dan pemasaran untuk UMKM warga dengan membuat media sosial khusus untuk promosikan UMKM dan produknya.
Pada Juni 2022 mahasiswa semester Genap 2021/2022 universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) secara individu dengan mengusung tema umum "Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan di Era Endemi".
Melalui kegiatan dan tema ini salah satu mahasiswa yang mengikuti KKN bernama Klotilda Ferni dari program studi Ilmu Komunikasi memilih untuk melaksanakan program kegiatan promosi UMKM dan produk UMKM tersebut melalui media sosial instagram. Adapun mitra UMKM yang dipilih adalah toko Toyshop Gadisdara yang berlokasi di Nginden Baru I, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.
Bu Nunuk, yang merupakan pemilik usaha mengatakan bahwa usaha UMKM ini sudah dimulai sejak awal 2021 lalu dengan produk yang diperjualkan berupa mainan anak-anak, aksesoris, dan perlengkapan prakarya.
Selama menjalankan usaha, mitra menjelaskan bahwa pelangan toko biasanya hanya warga sekitar saja , hal ini membuat toko Toyshop Gadisdara terkadang sepi pelanggan, melalui masalah ini mahasiswa menyarankan untuk melakukan promosi melalui media sosial instagram. Klotilda dalam program kegiatannya menjadikan Media sosial Instagram sebagai media promosi dan pemasaran .
Dibawah bimbingan dosen lapangan, Dr. Darmansjah Tjahja Prakasa, ST., M.T, mahasiswa ini berhasil melaksanakan kegiatan dalam jangka waktu 1 buan dengan 12 hari kegaiatan dimana kegiatannya berupa sosialisasi media sosial sebagai media promosi dan pemasaran,
mendaftarkan Toyshop Gadisdara akun Instagram (@toyshopgd) yang akan dijadikan sebagai media promosi, membuat label baru untuk kemasan produk dengan dicantumkan nama usaha dan akun instagram dalam label, memotret produk lalu mempostingnya dalam instagram agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas.
Melalui kegiatan ini, mahasiswa sebagai pelaksana kegiatan dan mitra kegiatan mengharapkan agar Toyshop Gadisdara ini akan semakin dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat membangkitkan ekonomi mitra sebagai pengusaha UMKM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H