Lihat ke Halaman Asli

Daur Ulang Sampah Sebagai Upaya Pengurangan Limbah Rumah Tangga

Diperbarui: 27 September 2023   10:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Daur ulang sampah adalah langkah yang sangat penting dalam mengurangi limbah rumah tangga. Saat ini, kondisi limbah rumah tangga di Indonesia menjadi semakin mengkhawatirkan seiring dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan pola konsumsi. Timbunan limbah yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai masalah lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Menurut data terbaru pada tahun 2023, persentase limbah rumah tangga di Indonesia sudah mencapai sebesar 39,63% dari berbagai macam limbah lainnya. Banyak dari limbah ini sebenarnya bisa didaur ulang. Contohnya adalah kertas, plastik, logam, dan kaca. Dengan menerapkan praktik daur ulang, kita dapat mengurangi jumlah limbah yang masuk ke tempat pembuangan akhir dan memanfaatkan kembali sumber daya yang sudah ada.

Produk-produk hasil daur ulang limbah rumah tangga memiliki potensi besar untuk mengurangi tekanan terhadap lingkungan. Contoh produk tersebut meliputi kertas daur ulang yang bisa kembali digunakan, plastik daur ulang, barang-barang dari logam daur ulang, botol plastik yang dapat di daur ulang menjadi mainan atau pot tanaman dan berbagai produk kreatif yang dibuat dari bahan-bahan bekas. Selain mengurangi pencemaran lingkungan, produk-produk ini juga dapat membantu menciptakan lapangan kerja dalam industri daur ulang.

Daur ulang sampah memiliki manfaat besar dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengurangi dampak negatif limbah rumah tangga. Oleh karena itu, pengusaha perlu lebih mendorong praktik daur ulang dalam bisnis mereka. Banyak peluang bisnis yang dapat dijelajahi dalam industri daur ulang, yang dapat memberikan manfaat ekonomi sekaligus membantu lingkungan. Dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya daur ulang dan mendorong kebijakan yang mendukungnya, kita dapat bergerak menuju lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Kanaya Lova A._12




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline