Lihat ke Halaman Asli

Gula (Bukan Cuma Garam) Juga Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Terlalu banyak mengkonsumsi sodium itu bisa mendorong tekanan darah anda ketingkat yang berbahaya.

Tapi sekarang, para peneliti melaporkan bahwa terlalu banyak makan yang manis-manis (atau terlalu banyak minum soda) itu mungkin juga akan memberikan efek yang sama.

Orang yang diet nya tinggi akan fructose, yaitu sejenis gula dan bahan kunci dari high-fructose corn syrup, beresiko lebih besar untuk mengalami tekanan darah tinggi (hypertensi), menurut sebuah hasil penelitian.

Meminum 2,5 kaleng non-diet soda per hari atau lebih, atau mengkonsumsi jumlah fructose yang sama dari makanan lain, meningkatkan resiko hypertensi setidaknya 30 persen, menurut penelitian.

Selain itu, peningkatan resiko tampaknya terpisah dari kebiasaan makan yang lain, misalnya sodium, karbohidrat, dan total asupan kalori.

Penelitian ini, yang dipublikasikan dalam Journal of the American Society of Nephrology, difokuskan pada makanan-makanan yang mengandung high-fructose corn syrup dan berbagai gula tambahan lain, misalnya soda, fruit punch, cookies, candy dan coklat. (Meski fructose secara natural terdapat di dalam buah, tapi para peneliti tidak menyertakannya karena buah mengandung nutrisi lain yang sulit untuk diukur.)

"High-fructose corn syrup itu sangat umum," kata Dr. Michel Chonchol, M.D., seorang peneliti senior dan spesialis tekanan darah tinggi di University of Colorado, Anschutz Medical Campus, Aurora. "Jika anda pergi ke toko swalayan, anda akan banyak menemukannya."

Chonchol dan rekan-rekannya, menganalisa diet dan hasil pengukuran tekanan darah dari 4.500 orang dewasa yang tidak punya sejarah hypertensi.

Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui survey selama 4 tahun yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention, dan juga menyertakan informasi mengenai tingkat kesehatan misalnya aktivitas fisik dan body mass index.

Para peneliti memperkirakan jumlah asupan fructose setiap orang dengan cara mengajukan serangkain pertanyaan mengenai diet, dan melalui informasi nutrisi dari U.S. Department of Agriculture.

Asupan fructose rasa-rata adalah 74 gram per hari, jumlah yang sama yang ditemukan dalam 2,5 kaleng soda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline