Lihat ke Halaman Asli

Tips Memilih Baterai HP/Ponsel yang Bagus

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

1. Jangan mudah terbuai dengan kapasitas besar yang dicetak di label baterai, kebanyakan baterai yang beredar sekarang mencetak label dengan kapasitas yang sangat tinggi untuk memikat pembeli membeli baterainya, sedangkan kapasitas sebenarnya jauh di bawah baterai bawaan.

2. Perhatikan label kapasitas di baterai bawaan sebelum membeli baterai. Jika baterai yang ditawarkan kapasitasnya lebih tinggi 10-20 persen dari baterai bawaan berarti masih wajar, jika kapastas yang ditawarkan 60-150 persen dari kapasitas bawaan tanpa ada penambahan tebal baterai,berarti baterai tersebut tidak bisa dipercaya. ingat!!! Volume isi baterai menentukan kapasitas baterai nya, baterai lebih tebal (volume lebih besar) kapasitas lebih besar.

3. Perhatikan berat baterainya. Jika perlu baterai ditimbang dengan alat timbang hitungan gram. Oleh karena Specific energy : 150-190Wh/kg (sumber : http://batteryuniversity.com/learn/article/lithium_based_batteries), Kita tahu rumus dibawah ini: Daya = Arus x Tegangan watt = Ampere x Volt sebagai contoh : Berat baterai total 28gr, perkiraan berat kertas label+rangkaian protection+plat baterai adalah 2gr, maka berat material isi baterai 26gr atau 0,026kg Total Energy = 0,026kg x 190wh/kg = 4,94wh watt = Ampere x Volt 4,94wh = Ah x 3,6 maka kapasitas (Ah) = 1,372 atau 1372 mAh

4. Jangan teriming- iming dengan baterai original. Banyak beredar di pasaran Baterai ASPAL(ASLI TAPI PALSU) atau alias KW, dan baterai ORIGINAL SECOND (bekas pakai yang sudah drop) atau alias baterai yang hanya tampilan luar yang bagus. Bahkan saat ini penjual baterai sendiri kadang tidak bisa membedakan mana yang bener - bener asli bawaan baru dan mana yang ASPAL. Untuk yang ORIGINAL SECOND lebih mudah dikenali,perhatikan kuningan polaritasnya,biasanya akan meninggalkan jejak.

5. Belilah baterai yang ada IC PROTECTION. Hal ini dikarenakan jika tidak ada IC PROTECTION, maka baterai akan mudah terbakar dan meledak.

6. Belilah Baterai yang ada JAMINAN, kalau bisa ada JAMINAN UANG KEMBALI. Jika baterainya kita pakai tidak sesuai kualitas yang ditawarkan, maka dikembalikan saja biar uang tersebut bisa untuk membeli baterai yang lebih bagus. Hanya baterai Idol yang berani memberikan 100% GARANSI KEPUASAN dan JAMINAN UANG KEMBALI.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website www.klikidol.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline