Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UNEJ Menggali dan Mengenali Potensi Desa Lampeji

Diperbarui: 11 Januari 2023   10:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Lampeji (dokpri)

Peji Mangar — Desa Lampeji merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember. Desa yang kebanyakan dihuni oleh suku Madura ini memiliki luas area 13,35 km² dan memiliki tiga dusun (Dusun Peji Mangar, Dusun Curah Laos, dan Dusun Kemiri Songo). Desa Lampeji memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan, salah satunya di bidang pertanian yaitu tanaman tebu, kopi, cokelat, dan edamame. Keanekaragaman hayati membuat masyarakat desa memiliki mata pencaharian utama sebagai petani dan pedagang. Tidak hanya pada bidang pertanian saja, Desa Lampeji memiliki potensi berupa pemandangan yang memanjakan mata dan menjadi salah satu tempat destinasi wisata yaitu Batu Jubang.

Mahasiswa KKN Universitas Jember bersama dengan Sekretaris Desa Lampeji (dokpri)

Desa Lampeji, menjadi lokasi pembelajaran mahasiswa Universitas Jember Kelompok 15 dalam melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Ajaran 2022/2023 Periode I. Penerjunan peserta KKN serentak dilakukan pada Selasa (4/1/2023) di ruang audiotorium Univeristas Jember. Tujuan dari adanya KKN yaitu sebagai pembelajaran kepada mahasiswa agar mampu membantu masyarakat dalam menangani beberapa masalah yang dihadapi desa dengan cara mengabdi langsung ke masyarakat. Berdasarkan hasil survey dan wawancara yang telah dilakukan di Desa Lampeji, mahasiswa KKN Universitas Jember kelompok 15 menemukan beberapa keunggulan yang dapat dikembangkan, diantaranya yaitu rebranding desa Wisata Batu Jubang, dan usaha UMKM yang mampu menyerap tenaga kerja.

"Kami akan berusaha untuk membantu Desa Lampeji agar wisata yang ada di sana mampu menjadi salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat desa dengan melakukan kegiatan promosi untuk mengenalkan wisata tersebut kepada masyarakat umum. Bersamaan dengan itu kami juga mengharapkan pengenalan UMKM khas milik Desa Lampeji, yaitu berupa kerajinan rajutan atau biasa di kenal dengan Macrame" Pungkas Hakim selaku koordinator kelompok 15 KKN Universitas Jember.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline